Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru

  • Ahmad Syamsu Rijal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kreativitas guru. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D)dengan metode 4D yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development(pengembangan), dan dissemination (penyebarluasan). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi atau tingkat ketepatan, observasi, dan angket. Hasil penelitian saat pengujiaan validasi oleh ahli materi diperoleh nilai rata-rata pada penilaian akhir 4,65 dengan kriteria valid/baik, kemudian oleh ahli media/web diperoleh nilai rata-rata 4,36 dengan kriteria valid/baik. Tahap uji coba dilakukan dengan dua tahap yaitu uji coba terbatas dengan persentase 90%, artinya hampir keseluruhan merespon sangat baik dan uji coba general persentase mencapai 83,34%.Artinya hampir keseluruhan merespon sangat baik. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis web ini termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan untuk meningkatkan kreativitas guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. R., Astari, T. R., & Hardini, I. R. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Berbasis Blog dalam Meningkatkan Kreatifitas Menulis Siswa Kelas Tujuh MTs AL-Insan. Implementasi Pendidikan karakter Berbasis Multidigital Diera Abad 21 (pp. 172-180). Cirebon: FKIP-UMCIREBON.

Arifin, S., & Krisnadita, Y. (2017). Aplikasi Plugin Transfer Domain di PT Beon Intermedia. Jurnal Teknologi Informasi, 8(1), 75-83.

Arsi, F., & Febrianti, K. V. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis WEB untuk SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-5.5, pp. 33-42. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/prosfi.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Dewi, N. R., & Akhlis, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Permainan untuk Mengembangkan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1098-1108. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.

Kurniawan, R. D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

McLoughlin, C., & Lee, M. J. (2010). Personalised and self regulated learning in the Web 2.0 Era: International Exemplars of Innovative Pedagogy Using Social Software. Australasian Journal of Educational Technology, 26(1), 28-43.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VII(2), 1-10.

Sanaky, H. A. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sari, S. L., Widyanto, A., & Kamal, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Smartphone pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Pendidikan Sains Islami dalam Kenteks Pengaplikasian Etnobiologi untuk Mewujudkan Generasi Berkarakter (pp.
476-485). Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.
Published
2020-03-14
How to Cite
RIJAL, Ahmad Syamsu. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 81-96, mar. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/238>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.238.