Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Materi Ikatan Kimia melalui Pendekatan STEM PBL Science

  • Hamzah Utina SMA Negeri 4 Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia melalui STEM. Pendekatan STEM merupakan suatu pendekatan modern untuk menyelesaikan masalah pada abad ke-21 yang menuntut siswa mampu berinovasi khususnya dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 4 Gorontalo. Model penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa pendekatan STEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kimia, serta melatih kemampuan inovasi siswa dalam mengaitkan empat bidang ilmu eksakta sehingga memiliki wawasan yang luas dan mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana Amelia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Stem
(Science, Technology, Engineering And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Program Linear Siswa Kelas Xi Ipa Ma Nasruddin Dampit Tahun Akademik 2018/2019.
Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar Jakarta: DEPDIKBUD
Direktorat Pendidikan Tinggi. (2014). Buku kurikulum pendidikan tinggi. Jakarta: Author.
Ejiwale, J. A. (2012). Facilitating teaching and learning across STEM fields. Journal of
STEM Education, 13(3), 87-94. 204
Haviz Kurniawan. 2014. Implementasi Pembelajaran Ipa Berbasis Stem Untuk Meningkatkan
Kemampuan Komunikasi Siswa.
Hidayat, Jamaludin. 2007. Pelajaran Kimia SMA/MA Kelas X.
http://sumsel.kemenag.go.id/file/file/TULISAN/wagj1343099486.pdf.
https://www.google.com/search?q=ptk+berbasis+stem&oq=ptk+ber&aqs=chrome.1.69i57j35i39j0l6.10599j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Laily Yunita Susanti1, Rafiatul Hasanah1, Muhammad Habbib Khirzin. Penerapan Media
Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics
(Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma/Smk Pada Materi Reaksi Redoks
Marthalenta Sari. 2017. Penerapan Pembelajaran Fisika Berbasis Stem (Science, Technology,
Engineering, And Math) Dengan Menggunakan Model Siklus Belajar 5e Untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.
Purba, Michael. 2006. Kimia untuk SMA Kelas X.
Pomalato, Sarson, W. Dj dan Hulukati Evi P. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Gorontalo: STIKIP Gorontalo.
Parning, Horale. 2004. Kimia 1B SMA. Klaten: Yudhistira.
Sa’adhah, Evawati. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Smk N 1 Nanggulan.
Susilowati, Endang. 2013. Kimia 1 untuk kelas X SMA/MA. PT. Wangsa Jatra Sari Lestari.
Suharyanto, M.Pd. 2004. Model-Model Pembelajaran. Workshop Master Teacher untuk Madrasah Aliyah Model Seluruh Indonesia. Makalah tidak diterbitkan, disampaikan dalam pelatihan guru bina untuk Madrasah Aliyah Model Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Umiyati, Nurhalima. 2016. Kimia Kelas X Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Media Utama Surakarta.
Published
2020-06-03
How to Cite
UTINA, Hamzah. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Materi Ikatan Kimia melalui Pendekatan STEM PBL Science. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 179-190, june 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/272>. Date accessed: 16 july 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i2.272.