Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Melalui Mata Kuliah Pengajaran Mikro

  • Ely Satiyasih Rosali Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  • Elgar Balasa Singkawijaya Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Abstract

Calon guru profesional dalam melaksanakan tugas profesi kependidikannya ditandai dengan penguasan kompetensi akademik yang salah satunya didapatkan melalui mata kuliah pengajaran mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kompetensi mahasiswa pada praktik pengajaran mikro melalui peer teaching. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara integral kompetensi mahasiswa calon guru pada siklus II berada pada kategori baik dan mengalami kenaikan dari siklus I. Persentase untuk masing-masing kompetensi yaitu: kompetensi pedagogik 38,20%, kompetensi profesional (48,00%), serta kompetensi kepribadian dan sosial (51,35%). Praktik pengajaran mikro memberikan kontribusi terhadap peningkatan kompetensi akademik mahasiswa calon guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal Ma’ruf. 2009. 7 Kompetensi Guru menyenangkan dan Profesional, Jogjakarta, : Power Books (Ihdina). Hal : 117
Asril Z. 2011. Microteaching disertai dengan Pedoman Pengalaman lapangan. Jakarta: Rajawali Pers hal 43
Hadis, Abdul dan Nurhayati. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. hlm.19-20
Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara. hlm. 167
Hasibuan, J.J., dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal : 46
Roestiyah N.K, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. hlm. 25
Sugiyono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.Hal : 22
Suprihatiningkrum, Jamil. 2014. Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. hlm.97
Sutjipto dan rafles . 1999. Profesi keguruan. Jakarta : Rineka Cipta. hal : 45.
Wahyudi, Imam. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru. Jakarta : PT.Prestasi Pustakarya. hlm.22
Labib, Muhammad Mugnil. 2016. Pengaruh Hasil Pembelajaran Micro Teaching Terhadap Kompetensi Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dalam Implementasi Kurikulum 2013 SMK Se-Kota Semarang. Skripsi. Diakses dari : http://lib.unnes.ac.id/27546/1/5201411065.pdf
Mukondar. 2014. Pengaruh Microteaching dan Praktik Industri terhadap Kesiapan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo. http://repository.umpwr.ac.id . Hal : 16.
Rahayu, Satutik dan I Gde Mertha. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Microteaching untuk Melatih Kompetensi Pedagogik Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. ISSN. 2407-6902. Volume 3 No.2, Desember 2017. online : http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/download/418/398
Setiawan, Iyan dan Sri Mulyati. 2018. Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) terhadap Keterampilan Dasar Mengajar dan Kesiapan Mengajar (Survey pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018). Equilibrium. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi ISSN 0216-5287 Volume 15, Issue 2, Desember 2018. Online : https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/download/1619/1190 hal : 59.
Setiawan, Iyan. dan Mulyati. 2018. Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar dan Kesiapan Mengajar (Survey Pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018). Jurnal Equilibrium Volume 15, Issue 2, Desember 2018 Hal : 51-60. Diakses dari: https://journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium/article/download/1619/1190
Zunaidah, Farida Nurlaila. 2016. Meningkatkan Kompetensi Calon Guru melalui Kegiatan Microteaching Berbasis Lesson Study (LS) Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Efektor ISSN. 2355-956X ; 2355-7621 Nomor 28 Edisi November Tahun 2016 online : http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/download/487/376/
Published
2020-06-03
How to Cite
ROSALI, Ely Satiyasih; SINGKAWIJAYA, Elgar Balasa. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Melalui Mata Kuliah Pengajaran Mikro. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 161-178, june 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/275>. Date accessed: 16 july 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i2.275.