Implementasi Assessment Sikap Berpikir Kritis Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar

  • Suci Nurlailah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih kurang pahamnya guru di sekolah dasar mengenai penilaian sikap berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dengan kompetensi berpikir kritis. Dalam pembelajaran penilaian sikap sangat penting untuk membentuk sikap peserta didik yang baik untuk membentuk sikap berpikir kritis secara berkelanjutan. Tujuan dari adanya penelitian ini untuk mengetahui penerapan penilaian sikap yang digunakan oleh guru sekolah dasar terutama di kelas tinggi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas di Sekolah Dasar. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan instrumen assessment sikap masih minim digunakan. 2) belum terdapat instrumen assessment sikap berupa rubrik terutama menyangkut dengan ESD. 3) Instrumen assessment sikap yang perlu dikembangkan yaitu terkait dengan sikap berpikir kritis dengan basis ESD.


 


The background of this research is that teachers in elementary schools still understand the Education for Sustainable Development (ESD) based assessment with critical thinking competence. In learning attitudes, it is very important to form good student attitudes to form critical thinking attitudes on an ongoing basis. The purpose of this study was to determine the attitude assessment used by elementary school teachers, especially in high grades. The subjects of this study were classroom teachers in elementary schools. The analysis technique used is descriptive qualitative analysis. The results of the study show that 1) The use of attitude assessment instruments is still minimally used. 2) there is no attitude assessment instrument in the form of a rubric, especially regarding ESD. 3) Attitude assessment instruments that need to be developed related to critical thinking attitudes based on ESD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amran, Perkasa M., Satriawan M., Jasin I. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Sains Berbasis Model Pembelajaran Karakter Esd Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045. Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat Kerjasama Himpunan Pengembang Kurikulum Indonesia Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat | 125. 125–131.
Basuki, Ismet dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasslöf, H., Lundegård, I., & Malmberg, C. (2016). Students’ qualification in environmental and sustainability education—epistemic gaps or composites of critical thinking? International Journal of Science Education, 38(2), 259–275. https://doi.org/10.1080/09500693.2016.1139756
Hoffmann, T., & Siege, H. (2018). What is Education for Sustainable Development (ESD)? Human Development, 1(8), 1–6.
http://www.esd-expert.net/files/ESD-Expert/pdf/Was_wir_tun/Lehr- und Lernmaterialien/What_is_Education_for_Sustainable_Development.pdf%0Ahttp://www.esd-expert.net/teaching-and-learning-materials.html
Jasin, I., Perkasa, M., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter ESD untuk Meningkatkan Sikap Abad 21 Siswa SMA. 2013, 366–373.
Kemdikbud.go.id. (2016). Panduan Penilaian. Http://Kemdikbud.Go.Id/, 021. http://kemdikbud.go.id/main/?lang=id
Kemendikbud. (2016). Permendikbud 24 tahun 2016. Jakarta, 2025, 5.
Mulyana, Hamdu, Nurzakiah. (2016). Pengembangan Penilaian Kinerja Dengan Menggunakan Analisis Video Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Konteks. Vol. 9 No.2.
Pratama, S., & Rosana, D. (2016). Pengembangan Performance Assessment untuk Mengukur dan Memetakan Practical Skills IPA Siswa pada Guided- PjBL di SMP Developing Performance Assessment to Map Science Practical Skills on Guided-PjBL. 2(1), 100–110.
Purnama, S. G. (2015). Panduan Focus Group Discussion ( FGD ) dan Penerapannya Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Udayana Kata Pengantar. 1–15.
Rachmadtullah, R.. (2015). Kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.6
Rachmawiarti, Hamdu, Elan. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 4, No. 1, 178-186.
Rieckmann, M. Mindt, L. & Gardiner, S. (2017). Education for Sustainable Development Goals Learning Objectives.
Riyono. (2020). Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Penugasan Menggunakan Aplikasi Google Forms. Jurnal Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya.
Roorda, N., & van Son, H. (2016). Education for Sustainable Development. Sustainability Science, 335–347.
https://doi.org/10.1007/978-94-017-7242-6_28
Saidah & Damariswara. (2017). Analisis Bentuk Bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar Di Kota Kediri. Jurnal: Profesi Pendidikan dasar. Vol. 4 No. 1.
Segara, N. B. (2015). Education for Sustainable Development (ESD) Sebuah Upaya
Mewujudkan Kelestarian Lingkungan. Journal: Social Science Education 2(1), 22–30.
https://doi.org/10.15408/sd.v2i1.1349
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabet, bandung.
Supriatna, N., Romadona, N. F., Saputri, A. E., Darmayanti, M. (2018). Implementasi Education for Sustainable Development ( Esd ) Melalui Ecopedagogy Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Primaria Education Journal, 1(2), 80–86.
http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/article/view/1077/748
Suryani, Iis. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Dengan Model Latihan Penelitian di Sekolah Dasar. Jurnal Pedadidaktika, 3 (2), Hlm. 217-227.
Tristananda, P. W. (2018). Membumikan Education for Sustainable Development (Esd) Di Indonesia Dalam Menghadapi Isu – Isu Global. Jurnal Agama Dan Budaya, 2(2), 42–49.
Ulfa, I. R. (2019). Implementasi Instrumen Penilaian Sikap di SDN Gunungsaren Bantul. Palapa, 7(2), 251–266.
https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.357
Published
2021-08-30
How to Cite
NURLAILAH, Suci; HAMDU, Ghullam. Implementasi Assessment Sikap Berpikir Kritis Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 309-316, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/390>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.390.