Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

  • Nurlatifah Rangkuti Malang
  • Turmudi Turmudi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdussakir Abdussakir Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini didesain dalam bentuk pendekatan Mixed Methods yang mengkombinasikan analisis kuantitatif dan kualitatif (Sequantial Explanatory). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan SPSS Versi 23,0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh efikasi diri dan motivasi belajar yang signifikan positif terhadap hasil belajar matematika.


 


This study aims to examine and analyze the effect of self-efficacy and learning motivation on mathematics learning outcomes. This research is designed in the form of a Mixed Methods approach that combines quantitative and qualitative analysis (Sequantial Explanatory). The data analysis technique used is multiple regression analysis using SPSS Version 23.0. The results of this study indicate that there is a significant positive effect of self-efficacy and learning motivation on mathematics learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Group.
Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian. Universitas Muhammadiyah Malang Press.
Cahyono, D. (2016). “Pengaruh Self Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Surabaya pada Materi Lingkungan". universitas negeri Surabaya.
Djali. (2017). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Nurita, E. (2011). Pengaruh Minat Belajar dan Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi-IPS Kelas VIII SMP Raden Fatah Baru [Universitas Malang]. http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/52095.html
Ormrord. (2008). Psikologi Pendidikan. Erlangga.
Prayito, E. (1999). Morivasi dalam Belajar. p12, PTK.
Santrock. (2007). Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika.
Schunk. (2012). Teori-teori pembelajaran perspektif pendidikan edisi enam. Pustaka Pelajar.
Sugiono. (2018). Metode penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Waarti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa di SD Ankasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. STKIP Kusuma Negara.
Wahdania. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai.
Wahid, M. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS. Ar-Ruzz Media.
Published
2021-08-25
How to Cite
RANGKUTI, Nurlatifah; TURMUDI, Turmudi; ABDUSSAKIR, Abdussakir. Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 283-292, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/415>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.415.