Analisis Sistem Zonasi di Sekolah Menengah Atas
Abstract
Analysis of the Zoning Sistem in Senior High School SMAN 02 Pandeglang in the analysis of the zoning sistem. The zoning sistem is a sistem established by the Minister of Education and Culture. The aims are to know the determination of the area/zone and quotas in the zoning sistem, the selection sistem in the zoning sistem and to know the efficiency of education in the zoning sistem. Observations, interviews, and documentation used in this study. Sources of data are the head of the department and the principal and their staff, parents and students. This study states that the zoning sistem is quite good and efficient enough for the education sistem and education equity, this zoning sistem has the aim of realizing an equal distribution of education in Indonesia.
Sistem zonasi yang telah diberlakukan masih ditemui kekurangan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan wilayah/zona dan kuota sistem zonasi, adapun rumusannya yaitu (1) bagaimana penentuan wilayah/zona dan kuota system zonasi, (2) bagaimana sistem seleksi dalam sistem zonasi, (3) bagaimana efisiensi pendidikan dalam sistem zonasi. Metode yang dipakai adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala dinas dan kepala sekolah beserta jajarannya, orang tua siswa, dan siswa. Penelitian ini menyatakan bahwa sistem zonasi cukup baik dan cukup efisien untuk sistem pendidikan dan pemeratan pendidikan di SMAN 02 Pandeglang. Rekomendasi yang dihasilkan adalah mensosialisasikan secara berkelanjutan dan transparansi data.
Downloads
References
Bintoro, R. F. A. (2018a). Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Tingkat Sma Tahun Ajaran 2017/2018 Di Kota Samarinda. Jurnal Riset Pembangunan, 1(1), 48. https://doi.org/10.36087/jrp.v1i1.26
Bintoro, R. F. A. (2018b). Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Tingkat Sma Tahun Ajaran 2017/2018 Di Kota Samarinda. Jurnal Riset Pembangunan, 1(1), 48. https://doi.org/10.36087/jrp.v1i1.26
Dian Purwanti, Ira Irawati, J. A. (2020). Efektivitas Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Zonasi Bagi Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan. 274–282.
Dr. Hj. R. Adjeng Ratna Suminar. (2019). Zonasi Pendidikan. Majalah Berita Duta.
farida nugrahani. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 1(1), 305.
Hariyati, N., & Pangaribuan, E. N. (2019a). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Smp Di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.
Hariyati, N., & Pangaribuan, E. N. (2019b). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang Smp Di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.
Karmila, M., Syakira, N., & Mahir, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Mappesona, 2(1), 1–14.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah. Permendikbud, 1–16.
Nurlailiyah, A. (2019a). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terahadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan, 17(1), 13–22.
Nurlailiyah, A. (2019b). Analisis Kebijakan Sistem Zonasi Terahadap Perilaku Siswa SMP di Yogyakarta. Realita: Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan, 17(1), 13–22.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2019a). Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Permendikbud, 1–25.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2019b). Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Permendikbud, 1–25.
Pulungan, I. (2019a). Implementasi Penentuan Zonasi dalam Pemerataan Pendidikan Siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 30–44. https://doi.org/10.24952/di.v7i01.1803
Pulungan, I. (2019b). Implementasi Penentuan Zonasi Dalam Pemerataan Pendidikan Siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 30–44. https://doi.org/10.24952/di.v7i01.1803
Rahman, A. (2017a). Efisien dalam Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Eklektika, 5(2), 87–103.
Rahman, A. (2017b). Efisien dalam Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Eklektika, 5(2), 87–103.
Rahman, A. (2017c). Efisien dalam Pembiayaan Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Eklektika, 5(2), 87–103.
Saharuddin, E., & Khakim, M. S. (2020a). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Tingkat Sma Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(3), 424–438.
Saharuddin, E., & Khakim, M. S. (2020b). Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Tingkat Sma Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(3), 424–438. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/4226
Suryanti, P., & Dkk. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Serta Pengaruhnya Terhadap Upaya Manajemen Mutu Pendidikan Berdasarkan Asas Keadilan DI SMA Negeri Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2016-2018. Jurnal CANDI, 20(1), 111–126.
Ula, D. M., & Lestari, I. (2020). Dampak Sistem Zonasi Bagi Sekolah Menengah Pertama. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 10. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.375
Widyastuti, R. T. (2020). Dampak Pemberlakuan Sistem Zonasi Terhadap Mutu Sekolah Dan Peserta Didik. Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 7(1), 11–19. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.46

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.