Manajemen Kelas Dosen Pendidikan Sosiologi Unima dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online

  • Yoseph D.A. Santie Universitas Negeri Manado
  • Romi Mesra Universitas Negeri Manado

Abstract

Management knowledge is certainly very important for a lecturer to have in relation to the implementation of online learning on campus. The condition of online learning is certainly a new thing that must be lived by a lecturer, there are many things that must be learned, there are also many obstacles that must be faced and a solution is found while the learning objectives must still be achieved as much as possible even though they are plagued with various problems, both coming from lecturers as educators. , students as learners, as well as the educational environment itself. The purpose of this study is to reveal the classroom management of Unima sociology education lecturers in increasing students enthusiasm for learning in online learning. The method used is a qualitative research method where this method basically looks at a phenomenon or social reality and then analyzes it using the researchers own point of view. There are three lines of qualitative data analysis, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study are as follows: planning learning in the form of hybrid learning through RPs, explaining lecture contracts in depth to students, dividing online classes and offline classes, controlling the implementation of PBM according to RPs, providing comparable learning and assessment instruments between online and offline classes, facilitating media communication with students.


Ilmu manajemen tentu sangat penting dimiliki oleh seorang dosen berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran online di kampus. Kondisi pembelajaran online tentu merupakan hal baru yang harus dijalani oleh seorang dosen. Banyak hal yang harus dipelajari, banyak kendala juga yang harus dihadapi dan dicarikan jalan keluarnya sementara tujuan pembelajaran tetap harus diupayakan tercapai semaksimal mungkin meski didera berbagai permasalahan, baik yang datangnya dari dosen sebagai pendidik, mahasiswa sebagai peserta didik, maupun dari lingkungan pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian ini yaitu mengungkap manajemen kelas dosen pendidikan sosiologi Unima dalam meningkatkan semangat belajar mahasiswa pada pembelajaran online. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif di mana metode ini pada dasarnya melihat sebuah fenomena atau realitas sosial kemudian menganalisisnya menggunakan sudut pandan peneliti sendiri. Terdapat tiga jalur analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: merencanakan pembelajaran berupa hybrid learning melalui RPS, menjelaskan kontrak perkuliahan secara mendalam kepada mahasiswa, membagi kelas online dan kelas offline, mengontrol pelaksanaan PBM sesuai RPS, memberikan instrumen pembelajaran dan penilaian yang sebanding antara kelas online dan offline, dan mempermudah media komunikasi dengan mahasiswa.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rohman, M. A. (2017). Dasar dasar manejemen. Malang: Inteligensia Media. Retrieved from https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/6350/Bab 2.pdf?sequence=11
ANDIRA, A. (2019). Ayu Andira (20600115033).
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
Djafri, N. (2019). Strategi Pemimpin dalam Mengimplementasikan Quality Manajemen di Perguruan Tinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 371. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.225
Eko Murdiyanto. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). In Bandung: Rosda Karya. Yogyakarta: Yogyakarta Press. Retrieved from http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITATIF.docx
Indra, N. (2010). Pembelajaran Hibrida Sebagai Strategi Model Pembelajaran Masa Depan. Masyarakat Telematika Dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 119–130. Retrieved from http://www4.uwm.edu/ltc/hybrid/index.cfm
Iryana dan Risky Kawasati. (2020). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong, 4(1).
Lexy j Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maun, M. P., Lamadirisi, M., & ... (2020). Penggunaan Media Belajar Smartphone Pada Siswa Di Sma Negeri 2 Manado. Jurnal …, 1(1), 11–14. Retrieved from http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/paradigma/article/view/42
Mesra, Romi; Abdul Rasyid Umaternate, S. F. (2021). Application of the Learning Model Baca Dulu Break Out Class Daring and Luring as an Effort to Overcome the Various Obstacles of Online Learning During The Covid-19 Pandemic at UNIMA Sociology Education Study Program. Proceeding ICHELSS 2021, 639–645. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hispisi/article/view/22394
Miles, M. B. dan A. M. H. (1992). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-PRESS).
PEMBELAJARAN(LPP), T. L. P. (2016). Panduan Penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS). Lembaga Pengembangan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 1–31.
Ponco Dewi Karyaningsih. (2018). Ilmu komunikasi. In Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Yogyakarta: Samudra Biru.
Rudy Handoko dkk. (2018). MODUL PKT. 10 – Kontrak Perkuliahan (pp. 0–11). pp. 0–11. Jakarta: Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII.
Santie, Y. D. A., Mesra, R., & Tuerah, P. R. (2020). Management of Character Education (Analysis on Students at Unima Sociology Education Study Program). 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020), 473(Icss), 184–187. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201014.041
Published
2022-08-23
How to Cite
SANTIE, Yoseph D.A.; MESRA, Romi. Manajemen Kelas Dosen Pendidikan Sosiologi Unima dalam Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Online. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1039-1046, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/958>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.958.