Analisis Model Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kejar Paket B

  • Muhammad Yayang Putra Patrama Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan kejar  paket B ini ditujukan kepada masyarakat Indonesia yang mengalami kurang beruntung dalam mengenyam pendidikan serta memiliki usia yang lebih tinggi dibandingkan dengan usia peserta didik SMP pada umumnya yang bertujuan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Tujuan dari penulisan ini ialah menganalisis model outdoor learning pada hasil belajar IPS peserta didik kejar paket B di PKBM Ibadurrahman Sidoarjo.  Penelitian ini ialah jenis kualitatif menggunakan metode kajian literatur. Tempat penelitian ini dilakukan di PKBM Ibadurrahman Sidoarjo. Hasil yang didapatkan kegiatan pembelajaran outdoor learning pada PKBM Ibadurrahman Sidoarjo pada pembelajaran IPS di implementasikan melalui kegiatan belajar outing class, misalnya dalam bentuk pemecahan masalah sosial, melakukan kunjungan ke museum,  mengeksplor lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Kesimpulan yang diambil hasil belajar IPS yang dilaksanakan di PKBM Ibadurrahman Sidoarjo dipengaruhi oleh model belajar outdoor learning. Melalui pembelajaran outdoor learning mampu memberi keaktifan pada peserta didik dan menghadirkan terkait dengan kegiatan pengamaran, memprediksi, dan menjelaskan. Berdasarkan dari hasil penelitian ditemukan sebuah novelty/keterbaruan yang memaparkan penggunaan model outdoor learning mampu memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, kemampuan menulis, hasil belajar, dan motivasi belajar. Penggunaan model outdoor learning merupakan suatu model yang memperlihatkan kondisi lapangan yang ada kepada para peserta didik.


Kata Kunci


Outdoor learning, Hasil belajar IPS, Kejar paket B

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnin, I., Sapriya, S., Komalasari, K., Islam, K. R., & Mubarok, M. F. (2024). Analisis Model Group Investigation Mengembangkan Berpikir Kritis Siswa Era Globalisasi pada PKn. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 10(1), 205–214. https://doi.org/10.32884/ ideas.v10i1.1591
Alfiansyah, I. (2020). Pengaruh Outdoor Learning terhadap Kemampuan Siswa dalam Memahami dan Memecahkan Masalah Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar Brain Storming untuk Meningkatkan Berpikir Kritis di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p 36-43
Amalia, S., Munim, A., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Makassar (Studi pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11154
Andriani, A., & Wakhudin, W. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di MIM Pasir Lor Karanglewas Banyumas. JPM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51–63.
Antari, C. J., Triyogo, A., & Egok, A. S. (2021). Penerapan Model Outdoor Learning pada Pembelajaran Tematik Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2209–2219. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1165
Darma, A., Nababan, S. A., & Alkhairi, F. (2022). Penerapan Outing Class pada Pembelajaran Sejarah di Madrasah Aliyah Tahfizihil Quran. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10(1), 20–24. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view /5770
Diyati, H., & Muhyadi, M. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Budaya Sekolah di SDN Kwayuhan, Kecamatan Minggir, Sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 28–43. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2407
Hardjono, H., Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Model Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasis Life Skills dan Kewirausahaan. Edukasi, 13(2), 1-14. https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i2.9 55
Hutabarat, L. W. F. (2019). Tanggapan Warga Binaan terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Paket B yang Diselenggarakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wanita Tanjung Gusta Medan. (Thesis, Universitas Negeri Medan).
Ibrahim, M. B., Sari, F. P., Kharisma, L. P. I., Kertati, I., Artawan, P., Sudipa, I. G. I., Simanihuruk, P., Rusmayadi, G., Muhammadiah, M., Nursanty, E., & Lolang, E. (2023). Metode Penelitian Berbagai Bidang Keilmuwan (Panduan & Referensi). Sondpedia Publishing Indonesia.
Ishak, N. T. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Coorperative Learning Tipe Examples Non Examples pada Mata Korespondensi di Kelas X ADP1 SMK Negeri 1 Limboto. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 5(2), 33–50. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/183
Izzati, H., Sukardi, S., & Mashuri, M. (2023). Implementasi Model Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 271–276. https://doi.org/10.2 9303/jcar.v5i2.3460
Kantun, S. (2017). Penelitian Evaluatif sebagai Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15–23. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ JPE/article/view/3809
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/1 0.30998/formatif.v3i2.118
Linawati, L. (2015). Pengaruh Metode Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 89–99. https://media.neliti.com/media/publications/253695-none-842558c1.docx
Makleat, N., Syukur, A., & Ndewi, A. D. (2022). Pengelolaan Metode Pembelajaran Mandiri bagi Warga Belajar Program Kesetaraan Kejar Paket C di PKBM Bintang Flobamora Kupang. Jurnal Paedagogy, 9(2), 203-210. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4958
Pasaribu, R. (2016). Metode Pembelajaran yang Digunakan Tutor Pada Kelompok Belajar Paket B untuk Meningkatkan Prestasi Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Karo Kabupaten Karo. (Thesis, Universitas Negeri Medan). https://digilib.unimed.ac.id/id/epri nt/21409
Prabowo, T. S. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Belajar Siswa yang Menempuh Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket B dalam Proses Pembelajaran pada SMK di Kota Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010.(Thesis, Univeristas Sebelas Maret). https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/17870/NDQwODU=/Identifikasi-Faktor-Faktor-Penentu-Keberhasilan-Belajar-Siswa-yang-Menempuh-Pendidikan-Kesetaraan-Kejar-Paket-B-dalam-Proses-Pembelajaran-pada-SMK-di-Kota-Surakarta-Tahun-Ajaran-20092010-Tofan-Setyo-Prabowo.pdf
Pradhana, T., & Pradhana, T. W. (2021). Pelaksanaan Kejar Paket B untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual bagi Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Kelas II Yogyakarta. Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, 8(5), 1123–1136. https://doi.org/10 .31604/justitia.v8i5.1123-1136
Rahayu, Y., Harida, H., Lestari, I. Penerapan Outdoor Learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak. MIPA Universitas Tnjungpura, 1(1), 71–85. https://dx.doi.org/10.26 418/jppk.v3i9.6898
Sejati, A. E., Sumarmi, S., & Ruja, I. N. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. Jurnal Pendidikan-Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 77–83. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.5804
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 1–9. https://ojs-steialamar.org/index.ph p/JAA/article/view/88
Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856. https://doi.org/10.31004/JOE.V5I2.933
Published
2024-05-13
How to Cite
PATRAMA, Muhammad Yayang Putra; MARDLIYAH, Sjafiatul; SUSILO, Heryanto. Analisis Model Outdoor Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kejar Paket B. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 259-266, may 2024. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/1708>. Date accessed: 06 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v10i2.1708.