Peran Digital Humanities dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Psikologi Indigenous

  • Hastangka Hastangka UMBY
  • Reny Yuniasanti Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Sowanya Ardi Prahara Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Peran data dalam penelitian menjadi bagian penting sebagai dasar analisis dan pembahasan. Namun tidak banyak bahan pembelajaran yang dilakukan mempertimbangkan data apa yang perlu dan tidak perlu, dan data seperti apa yang bisa digunakan untuk penelitian, dan apakah ada alterntif data yang perlu diperoleh untuk pembelajaran di bidang psikologi Indigenous. Tujuan riset ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran penting digital humanities dalam riset Pendidikan, sosial, dan humaniora secara khusus dalam bidang piskologi indigenous untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Metode kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital humanities data memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran psikologi indigenous yang jarang digunakan dalam riset dan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinda, A. R., Supangkat, B., & Mulyanto, D. (2023). Perceraian pada Etnik Melayu di Kota Pontianak Kalimantan Barat. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(4), 1071-1082. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i4.1452
Admin. (2014, Februari 5). Sejarah CICP. from cicp.psikologi.ugm.ac:https://cicp.psikolog i.ugm.ac.id/history/
Alhafiz, N. (2021). Tradisi Basiacuong sebagai Bentuk Kecerdasan Interpersonal dalam Perspektif Psikologi Indigenous. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1669-1676. https://dx.d oi.org/10.47492/jip.v2i6.957
Ali, N. H. (2011, April 18). Indigenous Psychology, Apa dan Bagaimana? Retrieved from fpscs.uii.ac.id: https://fpscs.uii.ac.id/blog/2011/04/18/indigenious/
Ardianto, Y. (2019, Maret 6). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Retrieved from djkn.kemenkeu: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/memahami-metod e-penelitian-kualitatif
Avezahra, M. (2018, December 23). Indigenous Psychology: Jalan Keluar Kebuntuan Relevansi Ilmu Psikologi. https://lsfdiscourse.org/indigenous-psychology-jalan-keluar-kebuntuan-relevansi-ilmu-psikologi%EF%BB%BF/
CICP. (2023, November 25). Indigenous Psychology. Retrieved from cicp.psikologi.ugm.ac.id: https://cicp.psikologi.ugm.ac.id/indigenous-psychology-in-brief/
Franceschi, V. (2018). Research methods for reading Digital Data in the Digital Humanities. https://iris.univr.it/handle/11562/990494?mode=complete.
Gao, J. N.-W. (2022). Gender Influences in Digital Humanities Co-auhtorship Networks. Journal of Documentation, 327-350. https://www.emerald.com/insight/content/doi/1 0.1108/JD-11-2021-0221/full/html
Howell, S. K. (2014). Digital Humanities Approach to Narrative Voice in the Secret Scripture: Proposing a New Research Method. Digital Humanities Quarterly. Retrieved from mural.maynoothunivesity.
I, L. (2013). A Smell of Higher: E-Humanities Perspectives. BMGN-Low Countries Hustorical Review, 128(Desember), 147-154. http://dx.doi.org/10.18352/bmgn-lchr.9345
Jensen, K. (2014). Linguistik and The Digital Humanities: (Computational) Corpus Linguistik. MedieKultur, 30(57), 117-136.
Maps, O. K. (2023, Oktober 5). Digital Huamnities in Psychology Indigenous. (openknowldgemaps).https://openknowledgemaps.org/search?service=base&id=6f1df25b1a11e0924e55bf4a6460a826
Meeks, E. (2014, May 5). Digital Humanities and Data Science. (digitalhumanities.standford.edu) https://digitalhumanities.stanford.edu/digital-humaniti es-and-data-science/
Monalisa, M., Akhyar, M., & Pelu, M. (2022). Peran Bahan Ajar Digital Sejarah Perkebunan Karet Berbasis Experiential Learning Dalam Meningkatkan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik SMK Negeri 5 Bandar Lampung. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 3, pp. 118-122). https://doi.org/10.20961/shes.v5 i3.59304
MugiaLestari, T. (2022, Juni 18). Psikologi Budaya yang Mempengaruhi Perilaku Seseorang. Retrieved from kompasiana: https://www.kompasiana.com/tarisyamugialestari/62adb3f5bb44860e970fa652/psikologi-budaya-yang-mempengaruhi-perilaku-seseorang
Putri, A. S. (2022, December 22). Antropologi: Pengertian Ahli, Obyek, Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya. Retrieved from kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/15/133613469/antropologi-pengertian-ahli-obyek-fungsi-tujuan-dan-manfaatnya?page=all
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Risam, R., &. Gariola, R. K. (2019). South Asian Digital Humanities Then and Now. South Asian Review, 40(3), 141-154. https://doi.org/10.1080/02759527.2019.1599548
Sinclair, S. &. (2012). Acculturation and The Digital Humanities Community. Canada: https://era.library.ualberta.ca/items/5bc3f8cc-7bae-4199-8504-93e047edad01.
Thufail, F. I. (2022). Humaniora Digital untuk Warisan Budaya. Kritis, 81-92. https://doi.org /10.24246/kritis.v0i0p81-92
Tunggal, H. H. W. M. C., Widodo, W., & Malarsih, M. (2023). Strategi Kemasan Tari Lembu Tanon Berbasis Kearifan Lokal di Dusun Tanon. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(3), 843-854. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i3.1357
Published
2024-08-19
How to Cite
HASTANGKA, Hastangka; YUNIASANTI, Reny; PRAHARA, Sowanya Ardi. Peran Digital Humanities dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Psikologi Indigenous. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 10, n. 3, p. 753-760, aug. 2024. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/1864>. Date accessed: 05 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v10i3.1864.