MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK MELALUI TEKNIK PROBLEM SOLVING DI KELOMPOK B TK PGRI KECAMATAN KOTA TENGAHKOTA GORONTALO

  • Megawati Abdulgani Ishak

Abstract

Abstrak


Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah melalui teknik Problem Solving dapat meningkatkan kecerdasan  sosial anak kelompok B di TK PGRI Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan sosial melalui teknik Problem Solving pada Anak kelompok B di  TK PGRI Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.                                                                                                                                                                                                                                                         


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK PGRI Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo  dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.


Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum ada penigkatan yang signifikan, dilanjutkan ke siklus II pertemuan I belum mencapai indikator yang telah ditetapkan, siklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Aspek kerjasama yang memperoleh nilai baik mencapai  (80%) atau 16 orang dari  20 orang, untuk kriteria cukup mencapai (20%) atau 4 orang anak dan tidak terdapat yang memperoleh kriteria kurang. Aspek komunikasi, dari  20 orang yang  memperoleh kritria baik mencapai (80%) atau 16 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (15%) atau  3 orang sementara terdapat anak yang  memperoleh kriteria kurang yakni (5%) atau 1 orang. Aspek empati, dari  20 orang  yang memperoleh kriteria baik mencapai (85%) atau 17 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (15%) atau  3 orang sementara tidak terdapat anak yang  memperoleh kriteria kurang.  Aspek mengikuti aturan main dari  20 orang  yang memperoleh kritria baik mencapai (80%) atau 16 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (20%) atau  4 orang sementara tidak terdapat anak yang  memperoleh kriteria kurang. Aspek menahan diri, dari  20 orang  yang memperoleh kritria baik mencapai (80%) atau 16 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (20%) atau  4 orang sementara tidak terdapat anak yang  memperoleh kriteria kurang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan.


Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan sosial anak kelompok B TK PGRI Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui teknik problem solving. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan  diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Rosda Karya.
Fatimah Enung. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung : Pustaka Setia
Hartono, 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto. 2008. http://kecerdasansosial.pdf. diakses pada hari jumat tanggal 8 juli 2011.
Mulyasa, E. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya.
Ramayulis, 2005. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia.
Sabrisabana. http// perkembangansosial. diakses hari sabtu tanggal 9 Juli 2011
Sunarto dkk, 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sabrisabana. http// perkembangansosial. diakses hari sabtu tanggal 9 Juli 2011
Sanjaya, 2006. StrategiPembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Syamsu Yusuf. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda Karya.
Sunarto dan Ny. Hartono, 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Winataputra, dkk. 1997. Modul Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud.
Published
2019-05-26
How to Cite
ISHAK, Megawati Abdulgani. MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK MELALUI TEKNIK PROBLEM SOLVING DI KELOMPOK B TK PGRI KECAMATAN KOTA TENGAHKOTA GORONTALO. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 51-68, may 2019. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/193>. Date accessed: 28 sep. 2022.