MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 01 WANGGARASI

  • Haryati Kahar Duna Adam

Abstract

Abstrak


Administrasi penilaian sangatlah penting dan berpengaruh untuk peningkatan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan pendidikan yang bermutu. Namun kenyataan dilapangan dari hasil observasi peneliti selama menjabat kepala sekolah di SD Negeri 01 Wanggarasi menunjukkan guru masih belum kompeten dalam menyusun administrasi penilaian pembelajarandengan baik. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru di SD Negeri 01 Wanggarasi dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademiktahun 2017-2018. Subjek penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri 01 Wanggarasi sebanyak 7 orang guru. Teknik pengumpulan data dari penelitian tindakan sekolah ini adalah observasi melalui data kualitatif. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusterdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun administrasi penilaian dengan mencapai standar ideal.Pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan hanya 3,46 dan pada siklus II mencapai 4,14 dengan total nilai peningkatan rata-rata adalah 0,68 dan pada siklus I persentase keseluruhan hanya 69,14% dan pada siklus II mencapai 91,4% sehingga total peningkatan persentase mencapai 82,86%. Ini menunjukan usaha perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II membawa perubahan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi gurudi SD Negeri 01 wanggarasi dalam menyusun administrasi penilaian dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Jenderal PMPTK . 2012. Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2012: Buku 3 Pedoman Penyusunan Portofolio. Jakarta: Kemendikbud.
Janawi. 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional. Bangka : Shiddiq Press.
Jamaluddin, Noor.1978.Pengertian guru.Jakarta
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan Bab VI pasal 28 Ayat 1. Jakarta: Depdiknas.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Jakarta:Depdiknas.
Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta
Sudjana Nana dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang Nomor 39 tahun 2009 Tentang pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Umar Fahruddin, Asef. 2012. Menjadi Guru Faforit. Jogjakarta : DIVA Press.
Wahyudi, Imam. 2010. Mengejar Profesionalisme Guru strategi Praktis mewujudkanCitra Guru Profesonal. Jakarta: Prestasi Jakarta.
Published
2019-05-26
How to Cite
ADAM, Haryati Kahar Duna. MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 01 WANGGARASI. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 173-188, may 2019. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/202>. Date accessed: 20 june 2021.