Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing di Kelas Bawah SDN 6 Telaga Biru

  • Suriati Isa Towalu SDN 6 TELAGA BIRU

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses peserta didik pada mata pelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah peserta didik yang memiliki hasil belajar kognitif dengan kategori baik sebanyak 48% pada siklus I dan 88% pada siklus II. Adapun jumlah siswa dengan keterampilan proses berkategori baik mengalami peningkatan dari 48% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar afektif siswa dengan kategori baik mengalami peningkatan dari 20% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II.


Kata kunci: hasil belajar, keterampilan proses, metode penemuan terbimbing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Imron, A. (2004). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Amien, M. (2007). Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”. Jakarta: Depdiknas.

Amaeka. (2012). “Kata Kerja Operasional Taksonomi Bloom”. Tersedia pada: https://amaeka.files.wordpress.com/2012/11/kata-operasional-taksonomi-bloom-versi-baru3.pdf Diakses pada tanggal 21 Desember 2014.

Mulyati, A., Nurjhani K. M, dan Muslim. (2009). Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk Kelas VI Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Dedpiknas.

Azhar, A. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darsono, dkk. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: Semarang Press.

Djaali & Mulyono. (2004). Pengukuran dan Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.

Depdiknas. (2004). Kurikulum Mata Pelajaran IPA SD. Jakarta: Depdiknas.
--------------(2006). Ilmu Pengetahuan Alam 6: untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta. Dedpiknas.

Devi, dkk. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA.

Mahmud, D. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mahmud, D & Mudjiono. (2001) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Depdikbud.

Djamrah, S.B & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ebbut, S. & Straker, A. (2005). Children and Mathematics: Mathematic in prImary School, Part 1. London: Collins Educational.

Fitri. (2003). “Hubungan Persepsi Terhadap Peran Ayah Dengan. Motivasi Berprestasi Siswa MAS Islamiah Sunggal”. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Good L.T & Brophy J.E. (2000). Educational Phsycology: A Realistic Approach. New York: Longman Hafizh.

Hamalik, O. (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

-------------(2008). Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Insan Madani.

Joyce, B & Marsha, W. (2000). Models of Teaching. Amerika: A Pearson Education Company.

Krathwohl & Anderson, LW et al (Eds.) (2001) Sebuah Taksonomi untuk Belajar, Mengajar, dan Menilai: Sebuah Revisi Taksonomi Bloom Tujuan Pendidikan. Allyn & Bacon Boston, MA (Pearson Education Group).

Kardi, S. & Nur M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Muchtar. (2010). Pengantar Interaksi Mengajar Belajar. Dasar dan Tehnik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.

Mohammad, M.S. (2011). Psikologi Belajar: Aplikasi Teori-Teori Belajar dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Suka Press.

Muhibbinsyah. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya.

Sumantri, M & Permana, D. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Roestiyah, N.K. (2001). Masalah – Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Ilmu.

Nuryani, R dkk. (2003). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: FMIPA UPI

Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suke, S. (2009). Evaluasi Pemahaman dan Umpan Balik. Jakarta: Grasindo.

Slavin. (1994.) Educational Psychology, Theory and Practice. Needham Heights: Allyn & Bacon.

Mulyani, S & Permana. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Heri, S & Wiyono, E. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta. Depdiknas.

Anas, S. (2006). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

…………. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Suranto, S & Basrowi. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia.

Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi, S. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo.

Wiyono. (2009). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2019-08-31
How to Cite
TOWALU, Suriati Isa. Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing di Kelas Bawah SDN 6 Telaga Biru. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 5, n. 3, p. 299-310, aug. 2019. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/213>. Date accessed: 20 june 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v5i3.213.