Pendekatan Isu-Sosiosaintifik untuk Membangun Learning Community Berbasis Penilaian Portofolio

  • Lilan Dama Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan isu-sosiosaintifik untuk membangun learning community berbasis penilaian portofolio yang dilaksanakan di kelas IV SDN 13 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan teknik observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh proses pembelajaran tertata dengan baik dan terlaksana sesuai rencana pembelajaran, mulai dari persiapan, proses hingga akhi pembelajaran. Learning community dalam proses pembelajaran dilakukan baik oleh guru
maupun peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari cara peserta didik mengakses informasi melalui berbagai sumber baik dari pengalaman teman-temannya ataupun dari pengalaman dirinya sendiri, sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik dapat membangun learning comunnity berbasis portofolio pada peserta didik di kelas IV SDN 13 Limboto Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lilan Dama, Universitas Negeri Gorontalo

Biology Departmen Universitas Negeri Gorontalo

References

Dawson, V., & Venville, G. (2009). High school Student Informal Reasoning And Argumentation about Biotechnology: An Indicator of Scientific Literacy. International Journal of Science Education , 31 (11), 1422.

Gronlund, N., & Linn, R. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Allyn & Bacon-A Simon & Schuster Company.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Lazim, M. (2013). Retrieved Maret Selasa, 2019, from Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran:
http://p4tksbjogja.com/index.php?option=com_contet&view=article&id=386:penerapan-penekatan saintifik-dalam-pembelajaran

Naungchalem, P. (2010). Engaging Students to Perceive Nature of Science Through Sosioscientific Issues-Based Instruction. European Journal of Social Science , 13 (1), 34-37.

Sadler, T., & Zeidler, D. (2005). Pattens of Informal Reasoning in The Context of Socioscient. Journal of Research in Science Teaching , 1 (42), 112-138.

Syamsuri, I., & Ibrohim. (2008). Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidikan Secara Kolaboratif dan Berkelanjutan; dipetik dari Program SISTTEMSJICA di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur (2006-2008).Malang: FMIPA UM.
Published
2020-03-10
How to Cite
DAMA, Lilan. Pendekatan Isu-Sosiosaintifik untuk Membangun Learning Community Berbasis Penilaian Portofolio. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-18, mar. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/246>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.246.