Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pesawat Sederhana

  • Ritin Uloli Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Timur yang berjumlah 39 orang pada tahun 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes kreatif siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan aktivitas guru. Data yang diperoleh pada siklus I kemampuan berpikir kreatif siswa 52%. Pada siklus II kemampuan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan sebesar 77%. Kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Pesawat Sederhana dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Bulango Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, S. R. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara: Jakarta.

Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arends. (2008) . Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azhari. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Medan: Universitas Sriwijaya, Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 7 No.2 Juli 2013.

Bakir S. & Oztekin E. (2014). Creative Thinking Levels of Precervaice Science thechers in Terms of Different Variabels. Journal of Baltic Science Education, Vol. 13. N0. 2, Pp. 231-242

Hong, E. & Milgram, R.B. (2010) Creative Thinking Ability. Domain Generality and Specebility. Creative Reserch Journal. Vol. 22, No, 3 Pp.272-287.

Kusumah, Wijaya & Dwitagama, Dedi. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks Permata Puri Media.

May, M. & Warr, S. (2011). Teaching Creative Arts & Media. New York: Open University Press.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreatif Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Purwanto. ( 2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.

Setiawan. 2010. Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Learning) untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) Vol. 3 No. 1.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Faiz, F. (2012). Thinking Skill Pengantar Menuju Berpikir Kritis. Yogjakarta: Suka-Press.

Suprayogi, Sugeng. Penerapan Pembelajaran inquiri untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas X SMK N 1 Bontang. Surabaya: Universitas Negeri Malang (Skripsi Tidak Dipublikasikan).

Titilasanti, C. Y., Akhdinirwanto, R. W., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Peningkatan Kreatif Belajar Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Siswa Kelas X SMA Nege. Jurnal Radiasi, 3(2), 125–128.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
Published
2020-03-11
How to Cite
ULOLI, Ritin. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pesawat Sederhana. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 55-68, mar. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/255>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.255.