Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas XI Madrasah Aliah Al-Khairat Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2019/2020

  • Haslinda Abdjul Madrasah Aliyah Al-Khairat kota Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Aliah Al-Khairat pada Materi Hidrokarbon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatf tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliah Al-Khairat pada siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 19 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis and Taggart yang dilaksanakan selama dua siklus. Siklus I dilaksanakan selama dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang memperoleh kategori baik dan sangat baik mencapai 57,89% dan pada siklus II yang memperoleh kategori baik dan sangat baik mencapai 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Khairat Kota Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Cesari, A.Y., Imam, K., Wahyuni, S. (2013). Penerapan Numbered Head Together Dengan Pendekatan Guided Note Taking Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 7 (1), 1112-1121.

Hariyanto, W. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Kailani, F. (2010). Penerapan Metode Kooperatif NHT (Numbered Head Together) untuk Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Hadist Siswa-Siswi Kelas IPA SD Darululung Bunggurasih. Jurnal PTK Pendidikan Agama Islam, 1 (1), 25-36.

Karyadi. (2012). Keefektifan Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Fungsi Konsumsi dan Fungsi Tabungan. Economic Education Analasis Jounal, 1 (1), 1-6.

Kusumojanto, D. Herawati, P. (2009). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Diklat Menagement Perkantoran Kelas X APK di SMK Arjuna 01 Malang. Jurnal Penelitian Kependidikan, 19 (1), 91- 108.

Lie, A. (2010). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Mohidin, A. D., Napu, Y.(2008). Assesmen Pembelajaran Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Munib. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Purwanto. (2012). Evaluasi dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Redana, I. P. (2010). Numbered Head Together dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Kerta Mendala, 3 (3), 90-99.

Saraswaty, S. (2014). Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Laboratorium Riil dan Virtual Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Termokimia Kelas XI SMAN 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. ISSN: 2337- 9995. 3 (1): 86-94

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, B. H. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhdi, A. (2010). Guru Idola. Yogyakarta: GenK Publisher.
Published
2020-03-10
How to Cite
ABDJUL, Haslinda. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas XI Madrasah Aliah Al-Khairat Kota Gorontalo Tahun Ajaran 2019/2020. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 19-30, mar. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/262>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.262.