Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengolah Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Workshop KKG di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo

  • Sukardi Djafar Dinas Pendidikan Kota gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah hasil belajar melalui kegiatan workshop. Penelitian ini dilaksanakan di kelompok kerja guru (KKG) Buhuta dengan jumlah sampel berjumlah 21 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dengan tahapan 1) Perencanaan, 2) Tindakan 3) Observasi 4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai 13 orang atau 62 % dan pada siklus 2 meningkat menjadi 17 orang atau 81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan
workshop dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah hasil belajar siswa melalui kegiatan workshop KKG Buhuta di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2003.

Surya, D. 2004. Manejemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Jakarta: Program Pascasarjana.
Published
2020-03-10
How to Cite
DJAFAR, Sukardi. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengolah Hasil Belajar Siswa melalui Kegiatan Workshop KKG di Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 31-40, mar. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/265>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.265.