Kualitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Teaching English by Using Song Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX MTs. Negeri 2 Kabupaten Gorontalo

  • Trisnawaty Abdjul MTs Muhammmadiyah Batudaa Kab. Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran berbasis teaching English by using song khususnya pada topik missing word pada kelas IX MTs. Negeri 2 Kabupaten Gorontalo yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini diterapkan di MTs. Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari kevalidan, perangkat pembelajaran berkategori sangat valid (4,45). Berdasarkan hasil observasi, keterlaksanaan pembelajaran selama tiga kali pertemuan rata-rata mencapai 93,80 (sangat baik), respon peserta didik untuk kategori baik 48%, dan kategori sangat baik mencapai 52%. Rata-rata aktivitas peserta didik selama tiga kali pertemuan berkategori baik mencapai 13% dan 87% berada dalam kategori sangat baik. Hal ini berdampak pada hasil belajar peserta didik. Capaian hasil belajar peserta didik berdasarkan uji N-Gain 0,69 berkategori sedang. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran teaching english by using song valid, praktis, dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2007). The Primary English Teacher’s Guide. Essex, England: Pearson Education Limited.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi, Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Eronika, S., Santoso, A., Maryami, T. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batu T.A 2012/2013 pada Konsep Stoikiometri.

Hadian, M. (2015). The Use of Song Lyrics in Teaching Listening (A Case Study of Junior High School Grade 8 in Bandung). Journal of English and Education 2015, 3(1), 96-105.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/ Gain Score., (Online), diakses 15 November 2018. Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching. Fourth Edition. United Kingdom: Pearson Education Ltd.

King, F.J., Goodson, L., Rohani, F. (2011). Higher Order Thinking Skills. A publication of the Educational Services Program, now known as the Center for Advancement of Learning and Assessment, (Online), (www.cala.fsu.edu).

Maftuhah, & Rahman, T. 2015. Penerapan Learning Cycle untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sistem Koordinasi pada Siswa SMA. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Moore, K. D. (2009). Effective Instructional Strategies, from Theory to Practice. Thousand Oaks, California: SAGE.

Rajabi, M., Ekohariadi, L.G.P., Buditjahjanto, A. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi System Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Praktek. Vol.3. ISSN: 2302-285x.

Ratminingsih, N.M. (2012). Teaching Techniques, Types of Personality, and English Listening Skill. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18 (2).

Ratminingsih, N.M., Suwatra, I.I.W., & Rasana, I.D.P.R. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Induktif Berbasis Lagu Kreasi (Created Songs): Inovasi Pembelajaran Integratif dan Holistik dengan Insersi Nilai Budaya dan Karakter Bangsa. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ratumanan, G.T. dan Laurens. (2011). Evaluasi Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa Unversity Press.

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.

Shtakser, I. 2012. Using Music and Songs in The Foreign Language Classroom, (Online), (http://www.laits. utexas.edu/hebrew/music/ music.html.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.
Published
2020-03-11
How to Cite
ABDJUL, Trisnawaty. Kualitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Teaching English by Using Song Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX MTs. Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 41-54, mar. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/268>. Date accessed: 29 may 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i1.268.