Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SDN 12 Kabila

  • Hajira Suleman hajira.suleman10@gmail.com

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan bahasa Indonesia materi gagasan pokok dan gagasan pendukung melalui model pembelajaran snowball throwing di kelas V SDN 12 Kabila. Jenis penilian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V dari siklus ke siklus. Pada siklus I terdapat 25 siswa, 11 orang siswa yang yang memperoleh nilai lebih dari 75 sebanyak 44 %. Sedangkan pada siklus 2, dari 25 siswa, terdapat 24 siswa yang memperoleh nilai lebih dari 75 atau sebanyak 96%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing sangat baik digunakan pada muatan bahasa Indonesia materi gagasan pokok dan gagasan pendukung di Kelas V SDN 12 Kabila khususnya peningkatan hasil belajar siswa.


Abstract


The purpose of this study was to improve student learning outcomes on Indonesian language content on the main ideas and supporting ideas through the snowball throwing learning model in class V SDN 12 Kabila. This type of assessment is classroom action research. The results of data analysis showed that there was an increase in the learning outcomes of class V students from cycle to cycle. In the first cycle there were 25 students, 11 students who scored more than 75 were 44%. Whereas in cycle 2, out of 25 students, there were 24 students who scored more than 75 or as much as 96%. The conclusion from this research is that the snowball throwing learning model is very good for using Indonesian language content on the subject matter of the main ideas and supporting ideas in Class V SDN 12 Kabila, especially the improvement of student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, B. S. dan Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Fajri Zul Em. (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Aneka Ilmu bekerja sama Difa Publisher.
Khairunnisa Putri. (2013). “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Snowball Throwing di Kelas V SD Negeri 101898 Lubuk Pakam T.A. 2012/2013”. Jurnal Penelitian Ilmiah. Medan:Unimed.
Pidarta, Made. (2009). Landasan Kependidikan. Rineka Cipta: Jakarta.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi II. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Siddiq, Djauhar. 2009. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas.
Suprijono Agus. (2012). Cooperative Learning. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Uno, B Hamzah. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara: Jakarta.
Uzer, Usman dan Setiawati. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Muhammadanshari. (2013). Model Pembelajaran snowball throwing di sekolah dasar http://muhammadanshari9.blogspot.com/2013/10/model-pembelajaran-snowball-throwing.html
Published
2020-09-02
How to Cite
SULEMAN, Hajira. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SDN 12 Kabila. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 267-280, sep. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/289>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i3.289.
Section
Articles