Meningkatkan Keterampilan Teknik Lari 100 meter melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN 3 Kabila

  • Herni Hamsah SDN 3 Kabila

Abstract

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik lari 100 meter siswa di kelas V SDN 3 Kabila melalui metode demonstrasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil analisis data menunjukan adanya peningkatan keterampilan siswa kelas V dalam melakukan teknik lari 100 meter melalui metode demonstrasi. Data observasi awal diperoleh bahwa dari 18 siswa kelas V terdapat 55,6% atau 10 siswa yang memiliki keterampilan kurang baik. Hal ini kemudian meningkat setelah diberikan tindakan pada siklus I yaitu dari 18 siswa, terdapat 8 orang siswa yang memperoleh nilai kurang dari 75 atau sebanyak 44,5%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi yakni yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 16 orang dengan persentasenya 88,9% dan daya serap siswa mencapai 83,4%.


 Abstract


The purpose of this study was to improve the students' 100 meter running technique skills in grade V SDN 3 Kabila through the demonstration method. This type of research is classroom action research. The results of data analysis showed an increase in the skills of grade V students in performing the 100 meter running technique through the demonstration method. Preliminary observation data obtained that out of 18 students in grade V there were 55.6% or 10 students who had poor skills. This then increased after being given action in cycle I, namely from 18 students, there were 8 students who scored less than 75 or as much as 44.5%. In the second cycle there was an increase again, namely those who got a score of 75 and above were 16 people with a percentage of 88.9% and student absorption reaching 83.4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah Bahri Syaiful Drs dan Zain Aswan Drs. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.
Dunn, Lee (2000) Theories of Learning. http://www.brookes.ac.uk/services/ocsd/2_learntch/theories.html
Iverson.2001. Pengertian Keterampilan dan Jenisnya. http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/pengertian-keterampilan-dan-jenisnya/#ixzz1ozJn7QLs akses tanggal 16 Desember 2020.
Peutuah.2012. Metode dan pendekatan pembelajaran. http://www.peutuah.com/metode-pendekatan-pembelajaran/ akses tanggal 13 Maret 2020.
Roestiyah, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Suryabrata, Sumadi. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
IAAF. 2001. Contoh PTK Penasorkes Untuk SD/Sederajat http://library.um.ac.id/images/stories/file_bab3_ptknaratif.pdf akses tanggal 16 Desember 2012
Published
2020-09-02
How to Cite
HAMSAH, Herni. Meningkatkan Keterampilan Teknik Lari 100 meter melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN 3 Kabila. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 253-266, sep. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/290>. Date accessed: 30 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i3.290.
Section
Articles