Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa

  • Miranda Puspita Universitas Negeri Gorontalo
  • Ismail Raflin Hinelo Universitas Negeri Gorontalo
  • Agil Bahsoan Universitas Negeri Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa melalui model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, tes aktivitas belajar, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus. Teknik analisis data digunakan kuantitatif deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa dibuktikan dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif pada observasi awal 8 siswa (25%) menjadi 23 siswa (72%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 pada observasi awal 9 siswa (28%) menjadi 24 siswa (75%) pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 28 siswa (88%) pada siklus II. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang berbunyi “Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, maka aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 akan meningkat” dapat diterima karena terbukti kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Berdiati, Ika. (2010). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Bandung: Sega Arsy.
Buchari, Alma. (2009). Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar). Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Nasution, S. (2012). Didaktik Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Permendibud. (2015). Undang-undang No. 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendibud.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Shoimin. (2015). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sudjana. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru. Algen sindo.
Suprijono, Agus. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. (2013). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syamsudin M, Abin. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Vivien. (2012). http://vivienanjadi.blogspot.co.id/2012/modelpembelajaran-kooperatif.html diakses pada tanggal 13 Mei 2015.
Published
2020-12-21
How to Cite
PUSPITA, Miranda; HINELO, Ismail Raflin; BAHSOAN, Agil. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Tapa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 4, p. 365-380, dec. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/303>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i4.303.