Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Penugasan Menggunakan Google Forms

  • Riyono Riyono SMP Negeri 1 Mojotengah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan penulis terhadap rendahnya sikap tanggung jawab peserta didik atas tugas yang diberikan guru sehingga berakibat pada rendahnya prestasi belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik dengan memberikan penugasan menggunakan media online google forms. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Dilakukan dalam tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus 1, dan siklus 2 di kelas VIII D SMP Negeri 1 Mojotengah. Tahap prasiklus terdiri dari satu pertemuan, siklus 1 terdiri dari tiga pertemuan, dan siklus 2 terdiri dari dua pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh data peningkatan sikap tanggung jawab peserta didik dari tahap prasiklus yang hanya berjumlah 5 orang menjadi 25 orang pada akhir siklus 2. Prestasi belajar peserta didik juga meningkat dari tahap prasiklus hingga siklus 2, baik pada nilai tugas maupun nilai ulangan harian. Rata-rata nilai tugas meningkat dari 69,39 pada tahap prasiklus menjadi 79,06 pada siklus 2, sedangkan nilai rata-rata ulangan harian meningkat dari 69,25 pada prasiklus menjadi 75,63 pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dengan memanfaatkan media google forms mampu meningkatkan sikap tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini dkk. (2016). “The Implementation of Character Education Model Based on Empowerment Theatre for Primary School Students”. Journal of Education and Practice, 7(1).
Igbal, M., Rosramadhana, Amal, B. K., dan Rumapea, M. E. (2018). “Penggunaan Google Forms sebagai Media Pemberian Tugas Mata Kuliah Pengantar Ilmu Sosial”. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial,10(1), 120–127.
Nasution. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Oka, G. N. (2020). “Efektifitas Pemberian Tugas Setiap Akhir Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Agama Hindu di SMP Negeri 2 Lingsar Tahun Ajaran 2018–2019”. Open Journal Systems, 14(7).
Prawati, S. (2016). “Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas V SDN No. 1 Pangalasiang”. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1).
Sufyan. (2019). “Penerapan Metode Gradasi dan Pengulangan Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Asmaul Husna”. Jurnal Edukasi dan Sains, 1(1).
Yuwono, M. R., Ariwibowo, E. K., Firmansyah, F., dan Indrayanto, B. (2020). “Pelatihan Anbuzo, Zipgrade, dan Google Form sebagai Alternatif Penilaian Pembelajaran di Era Digital”. Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).
Published
2020-12-21
How to Cite
RIYONO, Riyono. Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris melalui Penugasan Menggunakan Google Forms. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 4, p. 333-342, dec. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/309>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i4.309.