Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah Menggunakan Metode Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK)

  • Mu'tamidah Mu'tamidah MAN 2 Wonosobo

Abstract

Bagi manusia proses kematian mengandung konsekuensi diselenggarakannya proses pengurusan jenazah, tetapi pengetahuan dan keterampilan tata cara pengurusan jenazah siswa masih kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang tata cara pengurusan jenazah dengan menggunakan metode VAK (Visualisation, Auditory, Kinestetic). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan di kelas X IPA 6 MAN 2 Wonosobo pada bulan Februari sampai Mei 2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil penelitian mengalami peningkatan sejak tahap prasiklus/studi pendahuluan hingga berakhirnya siklus 2 dari 47,37% yang mengalami ketuntasan pada tahap prasiklus menjadi 60,53% pada siklus 1 dan 92,11% pada siklus 2. Aktivitas belajar diukur dengan kinerja kelompok yang meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode VAK dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati & Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatkhurrohman, P., dan Sutikno, M. S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung:
PT Refika Aditama.
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Harahap, M. A., Sinaga, A. I., dan Halimah, S. (2017). “Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dengan Metode Drill untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Pelaksanaan Ibadah Pokok Bahasan Pengurusan Janazah di MTs Al-Ma’shum Rantauprapat Labuhanbatu”. Edu Riligia, 1(3).
Jarvis, M. (2012). Teori-Teori Psikologi. Jakarta: Nusa Media.
Madjid, A. (2014). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Rahayuningsih, E., dan Dwiyanto, D. (2005). Pembelajaran di Laboratorium. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Gadjah Mada.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Sugiyanto. (2008). Model dan Metode Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Praya Media.
Syahidah, N. L. (2020). “Metode Demonstrasi pada Pembelajaran PAI (Studi Kasus Materi Penyembelihan Hewan dan Pengurusan Jenazah)”. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 4(1), 49–58.
Published
2020-12-21
How to Cite
MU'TAMIDAH, Mu'tamidah. Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Materi Tata Cara Pengurusan Jenazah Menggunakan Metode Visualisation, Auditory, Kinestetic (VAK). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 6, n. 4, p. 343-352, dec. 2020. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/314>. Date accessed: 25 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v6i4.314.