Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi

  • Nur Aisyah Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA
  • Yuyun Supriani Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Neneng Hawaliyah Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Abstract

Hambatan dalam pembelajaran IPA umumnya terletak pada  penggunaan media dan metode pembelajaran yang kurang menarik, menantang, dan menyenangkan, sehingga rata-rata hasil belajar masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui penggunaan media komputer interaktif dan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan di kelas IV SDN Semper Timur 07 Jakarta Utara. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar, dan keaktifan siswa dalam belajar mengalami peningkatan sejak tahap prasiklus hingga berakhirnya siklus 2. Dari 23% yang mengalami ketuntasan pada tahap prasiklus, menjadi 73% pada siklus 1, dan 95% pada siklus 2, serta siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komputer interaktif dan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar dan siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astra, G. N. W., Suarjana, I. M., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media video pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa IV gugus IV kecamatan Sukasada. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1399/1260
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33–48. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Ekeyi, D. N. (2013). Effect of demonstration method of teaching on students ’ achievement in agricultural science. World Journal of Education, 3(6), 1–7. https://doi.org/10.5430/wje.v3n6p1
Ermawati, : (2020). Peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran demonstrasi. Wahana Didaktika, 18, 30–38.
Fauyan, M. (2019). Developing interactive multimedia through ispring on Indonesian language learning with the insights of islamic values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida. Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177.
Hartini, S., Misbah, Dewantara, D., Oktovian, R. A., & Aisyah, N. (2017). Developing learning media using online prezi into materials about optical equipments. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 313–317.
Hermawan. (2009). Pengembangan model pembelajaran berbasis komputer (teori dan praktek). Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidika, Universitas Pendidikan Indonesia.
Jabeen, F., & Afzal, M. T. (2020). Effect of simulated chemistry practicals on students ’ performance at secondary school level. Journal of Education and Educational Development, 7(1), 119–139. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22555/joeed.v7i1.2600
Kemmis, S., Robin, M., & Nixon, R. (2014). The action research planner (1st ed.). Springer.
N, Vijayakumari, S., & K, Umashree, D. (2017). Effectiveness of cooperative learning and lecture demonstration method on developing ecocentric attitude among secondary school students. I-Manager’s Journal o n School Educational Technology, 12(3), 44–53.
Nopriyanti, N., & Sudira, P. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif kompetensi dasar pemasangan sistem penerangan dan wiring kelistrikan di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2).
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe: Inovasi pada perkuliahan sejarah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127.
Praditya, D. (2019). Multimedia pembelajaran dengan evaluasi instructional game matematika siswa kelas VII SMPLB-B Negeri 1 Buleleng. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 66–76.
Prasetyo, G., & Prasojo, L. D. (2016). Pengembangan adobe flash pada pembelajaran tematik integratif berbasis scientific approach subtema indahnya peninggalan sejarah. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 54.
Putra, L. D., & Ishartiwi. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169–178.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal Of Elementary Education, 3(2), 178–185.
Rusdewanti, P. P., & Gafur, A. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif seni musik untuk siswa SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 153–164.
Sagala, S. (2006). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta.
Sugiono. (2008). Metode penelitian pendididikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & ). Alfabeta.
Sutarman, A. (2016). Pemanfaatan pembelajaran berbasis komputer model CD interaktif tutorial untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 81–98.
Widiana, I. N. A., Murda, I. N., & Margunayasa, I. G. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw 1 dengan bantuan media konkret terhadap hasil belajar IPA kelas V di SD gugus XIV, kecamatana Buleleng tahun pelajaran 2014/2015. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
Widiara, I. K. (2018). Blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital. Jurnal Purwadita, 2(2), 50–56.
Published
2021-03-25
How to Cite
AISYAH, Nur; SUPRIANI, Yuyun; HAWALIYAH, Neneng. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Komputer Interaktif dan Metode Demonstrasi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 11-20, mar. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/323>. Date accessed: 28 july 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i1.323.