Ideologi dalam Wacana Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi 2017

  • Angela Klaudia Danu Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Antonius Nesi Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Abstract

Penelitian ini muncul atas satu pertanyaan mendasar, “Bagaimanakah konstruksi ideologi dalam wacana buku pelajaran Bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud edisi revisi 2017?” Sebungan dengan pertanyaan mendasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi ideologi yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud edisi revisi 2017. Sumber data penelitian ini ialah wacana-wacana nonfiksi yang terdapat dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasar pada fakta bahwa data-data penelitian ini telah tersedia di dalam buku pelajaran, maka dalam pengumpulandatapenelitimenggunakan metodestudidokumentasi yangdiaplikasikanmelalui teknikbacadancatat. Analisisdata penelitian ini memanfaatkan metode analisis konten. Langkah-langkahanalisisdata penelitian ini, yakni peneliti (1)memasukkanwacana nonfiksi ke dalam tabulasi data, (2) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis ideologi yang terkandung dalam setiap wacana,(3) menginterpretasiatau memaknai setiap ideologi yang telah ditemukan berdasarkan paradigma wacana kritis. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa jenis-jenis ideologi yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa Indonesia terbitan Kemdikbud edisi revisi 2017 pada dasarnya ialah ideologi Pancasila yang dapat dirinci menjadi 3 (tiga), yakni (a) nasionalisme, (b) liberalisme, dan (c) sosialisme.


This research arises from a fundamental question, "How is the construction of ideology in the discourse of Indonesian language textbooks published by the Ministry of Education and Culture in the 2017 revised edition?" In connection with these basic questions, this study aims to describe the ideological constructions contained in the revised 2017 edition of the Indonesian language textbook published by the Ministry of Education and Culture. The data sources for this research are non-fiction discourses contained in Indonesian language textbooks. Based on the fact that the data of this research are already available in textbooks, in collecting data the researcher uses the documentation study method which is applied through reading and note-taking techniques. The data analysis of this research utilizes the content analysis method. The steps of data analysis in this research, namely the researcher (1) inserting non-fiction discourse into the data tabulation, (2) identifying and classifying the types of ideologies contained in each discourse, (3) interpreting or interpreting each ideology that has been found based on the paradigm. critical discourse. Based on the results of data analysis, it was found that the types of ideologies contained in Indonesian language textbooks published by the 2017 revised edition of the Ministry of Education and Culture are basically Pancasila ideology which can be broken down into 3 (three), namely (a) nationalism, (b) liberalism, and (c) socialism.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiana, L. N. (2019). “Nilai Nasionalisme pada Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII KUrikulum 2013 Edisi REvisi 2017 (Kajian Semiotik Charles Sanders Pierce).” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 11(2), 34–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/st.v11i2.2355.g1710.
Anantama, Muharsyam Dwi; Saktiono, H. S. (2019). “Akomodasi Nilai-Nilai Nasionalisme pada Buku Ajar Bahasa Indonesia di SMA.” Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra V, 5(1), 193–197.
BadanBahasaKemdikbud. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Blommaert, J. (2005). Discourse Acritical Introduction. Cambridge University Press.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Darma, Y. A. (2009). Analisis Wacana Kritis. Yrama Widya.
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. LKiS.
Fogg, K. W. (2020). “Indonesian Socialism of The 1950s: From Ideology to Rhetoric.” Third World Quarterly, 42(3), 465–482. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/01436597.2020.1794805
Gunawan, R. (2013). “Pembelajaran Nilai-Nilai Pahlawan Kemerdekaan Soekarno dalam Rangka Mengembalikan Karakter Bangsa Indonesia.” E-Journal Widya Non-Eksakta, 1(1), 1–6.
Hendrawanto, Yusuf; & Mulyani, M. (2017). “Kelayakan Kebahasaan dan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas XII Semester 1 SMA.” JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 58–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpbsi.v2i2.246
Irhandayaningsih, A. (2012). “Peranan Pancasila dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda di Era Global.” Humanika, 16(9), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/humanika.16.9
Khalik, A. T. (2012). “Masyarakat Madani dan Sosialisme.” Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 8(2), 30–45. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tps.v8i2.1563
Muchti, Andina; Dewi, Y. C. (2019). “Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Balitbang Kemdikbud Dengan Kurikulum 2013 Revisi 2016.” Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 16–30. https://doi.org/https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.786
Nesi, Antonius; Rampung, B. (2020). Diskursus Pendidikan pada Masa Pandemi: Kajian Kritis Opini Kompas. Unika Santu Paulus.
PemerintahIndonesia. (2003). “Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.” https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf
Rawantina, I. N. S. (2013). “Penanaman Nilai Nasionalisme dan Patriotisme untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 1(1), 36–40.
Renkema, J. (2004). Introduction to Discourse Studies. John Benjamins.
Richard, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University.
Subagyo, P. A. (2010). “Pragmatik Kritis: Paduan Pragmatik dengan Analisis Wacana Kritis.” Linguistik Indonesia, 28(2).
Sudaryanto. (2015). Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.
Surajiyo. (2020). “Keunggulan dan Ketangguhan Ideologi Pancasila.” Ikra-Ith Humaniora: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(3), 1–11.
Syahrul. (2018). “Kritik Ideologi Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Demokrasi di Indonesia.” Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV, 58–67.
Tasai, Sa Amran; Jayawati, Maini Trisna; & Subardini, N. N. (2002). Semangat Nasionalisme dalam Puisi Sebelum Kemerdekaan. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Utami, I. W. P. (2012). “Wacana Ideologi Negara dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Sejarah Sekolah Menengah Atas (SMA)” [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/25908/Wacana-ideologi-negara-dalam-buku-sekolah elektronik
Van Leeuwen, T. (2005). Introducing Social Semiotics. Routledge.
Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Garudhawaca.
Wikandaru, Reno; Cahyo, B. (2016). “Landasan Ontologis Sosialisme.” Jurnal Filsafat, 26(1), 112–135. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jf.12627
Wisarja, I. Ketut; Sudarsana, I. K. (2017). “Refleksi Kritis Ideologi Pendidikan Konservatisme dan Libralisme Menuju Paradigma Baru Pendidikan.” Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 283–291. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jere.v1i4.11925
Wodak, Ruth; Meyer, M. (2009). “Critical Discourse Analysis: History, Agenda, Theory and Methodology.” Methods of Critical Discourse Analysis, 2, 1–33.
Wodak, R. (2007). “Pragmatics and Critical Discourse Analysis: A Cross-Disciplinary Inquiry.” Pragmatics & Cognition, 15(1), 203–225.
Wodak, R. (2015). “Critical Discourse Analysis, Discourse‐Historical Approach.” The International Encyclopedia of Language and Social Interaction, 1–14.
Wooffitt, R. (2005). Conversation Analysis and Discourse Analysis: A Comparative and Critical Introduction. Sage Publications.
Published
2021-08-20
How to Cite
DANU, Angela Klaudia; NESI, Antonius. Ideologi dalam Wacana Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Terbitan Kemdikbud Edisi Revisi 2017. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 203-212, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/359>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.359.