Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills

  • Rudiyanto Rudiyanto IAIN Madura
  • Rifqi Afif El Ayyubi IAIN Madura
  • Nuris Irmayanti IAIN Madura
  • Sayati Sayati IAIN Madura

Abstract

Higher order thinking menjadi salah satu konsep yang sangat diperlukan pada saat ini karena siswa dituntut untuk berpikir kritis, kreatif, logis, analitis, dan sitematis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan pertama, perencanaan pembelajaran PAI berbasis higher order thinking skills di MAN 2 Pamekasan. kedua, pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis higher order thinking skills di MAN 2 Pamekasan. ketiga, proses evaluasi pembelajaran PAI berbasis higher order thinking skills di MAN 2 Pamekasan. keempat, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PAI berbasis higher order thinking skills di MAN 2 Pamekasan. Penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti melakukan reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Data yang di peroleh di cek keabsahan datanya melalui trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran PAI sudah berorientasi terhadap pemikiran tingkat tinggi dibuktikan dengan Silabus dan RPP. Proses evaluasi pembelajaran PAI menggunakan tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun faktor pendukungnya ialah ketertarikan siswa sedangkan penghambatnya ialah kurang lengkapnya sarana dan prasarana. Dengan diterapkan pembelajaran berbasis higher order thinking skills diharapkan siswa dapat berpikir lebih luas serta melatih mental siswa untuk aktif dalam kegiatan proses pembelajaran.


 


Higher order thinking is one of the concepts that is needed at this time because students are required to think critically, creatively, logically, analytically, and systematically. The purpose of this study is to describe first, PAI learning planning based on higher order thinking skills at MAN 2 Pamekasan. second, the implementation of PAI learning based on higher order thinking skills at MAN 2 Pamekasan. third, the process of evaluating PAI learning based on higher order thinking skills at MAN 2 Pamekasan. fourth, the supporting and inhibiting factors for PAI learning based on higher order thinking skills at MAN 2 Pamekasan. In this study, the researcher used descriptive qualitative research. Data was collected through interviews, observation and documentation. In analyzing the data, the researcher carried out data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data obtained is checked for the validity of the data through triangulation of sources and methods. The results showed that the PAI learning system was oriented towards higher-order thinking as evidenced by the syllabus and lesson plans. The process of evaluating PAI learning uses three aspects, namely attitudes, knowledge, and skills. The supporting factor is student interest while the obstacle is the lack of complete facilities and infrastructure. By applying higher order thinking skills-based learning, it is expected that students can think more broadly and mentally train students to be active in the learning process activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y., Pujiastuti, A., D. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorieantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.
Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7 (2).
Eldarni, Z. (2017). Micro Teaching. Yogyakarta: Media Akademi.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilain Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ibnu Imam Al Ayubi, Erwanudin, M. B. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1 (3).
Jailani, & Retnawati, H. (2016). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23 (2).
Pakpahan, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Capaian Literasi Matematika Siswa Indonesia Dalam Pisa 2012 Factors Affecting Literacy Mathematics Achievement of Indonesian Student in Pisa 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3).
Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Berbasis Higher Order Thinking (Hots) Pada Kelas X Di Sma Negeri Kota Yogyakarta. Prosiding : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6 (2).
Ria Mayasari, R. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1 (3).
Rusman. (2019). Pemebalajaran Dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saputra, H. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Kawasan 3T di Kabupaten Gorontalo Utara. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5 (4).

Published
2021-08-25
How to Cite
RUDIYANTO, Rudiyanto et al. Pembelajaran PAI Berbasis Higher Order Thinking Skills. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 275-282, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/380>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.380.