Belajar Micro Teaching melalui Pembelajaran Daring

  • Rini Kesuma Siregar Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Abstract

Micro teaching merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan secara sederhana dan merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengajar. Selain itu, mahasiswa juga dapat belajar berbagai macam metode mengajar bahasa Inggris. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar micro teaching mahasiswa melalui pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Zoom. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan sebanyak 28 mahasiswa pada semester tiga. Data diperoleh melalui pembelajaran daring dan wawancara yang dilakukan melalui grup WhatsApp ataupun chat pribadi. Melalui pembelajaran micro teaching, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan mengajar melalui pembelajaran micro teaching, mahasiswa juga dapat menggunakan berbagai metode mengajar pada pembelajaran micro teaching, baik melalui Zoomataupun mengirimkan video presentasinya. Manfaat penelitian ini adalah sebagai langkah awal bagi mahasiswa untuk menjadi seorang guru atau pendidik karena telah memiliki ilmu dan kepercayaan diri agar nantinya ketika lulus dari Universtas Graha Nusantara para mahasiswa menjadi alumni yang pintar, penuh percaya diri, dan bertanggung jawab.


Micro teaching is a simple teaching activity and is one of the learning methods that can improve teaching skills. Besides that, students can also learn various methods of teaching English. The purpose of this research is to improve students' micro teaching learning skills through online learning using the Zoom application. The research method used is descriptive qualitative method involving as many as 28 students in the third semester. The data was obtained through online learning and interviews conducted through WhatsApp groups or private chats. Through micro teaching learning, students can improve their teaching skills through micro teaching learning, students can also use various teaching methods in micro teaching learning, either via Zoom or sending video presentations. The benefit of this research is as a first step for students to become a teacher or educator because they already have knowledge and confidence so that later when they graduate from Graha Nusantara University the students become alumni who are smart, confident, and responsible.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardi, M. (2014) Pelaksanaan pembelajaran bagi mahasiswa program studi PPKn STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, 1(88), 75–84.
Azis, A., Sugito, & Mesra. (2021) Pengajaran Micro Teaching (F. L. Barus (ed.)) CV. Media Sains Indonesia.
Dewi, S. L., Misnar, & Muthmainnah, N. (2020) E-Learning sebagai Fasilitas untuk Mengoptimalkan Pemberlajaran Mahasiswa Bahasa Inggris pada Mata Kuliah TEFL. Jurnal Pendidikan Almuslim, VIII(1), 20–24.
Fachrurrazy. (2011) Teaching English as Foreign Language For Teachers in Indonesia. State Of University Malang Press.
Hidayat, B. (2016) Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro teaching Berbasis Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah Fkip Um Metro. Historia, 4(2), 75. https://doi.org/10.24127/hj.v4i2.535
Mahmud, I. (2013) Micro teaching to Improve Teaching Method: An Analysis on Students’ Perspectives. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 1(4), 69–76. https://doi.org/10.9790/7388-0146976
Science, E. (2010) Learner-Centered Micro teaching in Teacher Education. International Journal of Instruction, 3(1), 77–100.
Sihotang, H., & Simorangkir, S. T. (2020) Buku Pedoman Praktik Microteaching. http://repository.uki.ac.id/1863/1/BUKU PEDOMAN Praktik.pdf
Published
2021-08-20
How to Cite
SIREGAR, Rini Kesuma. Belajar Micro Teaching melalui Pembelajaran Daring. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 11-18, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/395>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.395.