Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana

  • Suwandi Suwandi Magister Pendidikan Agama Islam FAI Universitas Ahmad Dahlan
  • Hendro Widodo Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Pergeseran moral bangsa yang ada di Indonesia ini sudah semestinya menjadi keperhatinan di era modern ini. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan berbasis karakter tidak sebatas tanggung jawab pemerintah melalui pendidikan formal, namun pendidikan yang utama dan yang pertama adalah pendidikan informal, yaitu keluarga, dan pendidikan nonformal,  yaitu masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan kurikulum pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter Islami siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pulokencana Pontang. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubarman, yakni data reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) terhadap pembentukan karakter islami pada siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana Pontang sudah berjalan sesuai rencana  misalnya berdoa sebelum belajar dan dilanjutkan dengan proses pembelajaran. Karakter Islami yang dimaksud adalah karakter religius, jujur, dermawan, peduli lingkunganm dan berjiwa sosial.


 


Recently, the moral of the nation has been shifted in Indonesia. Therefore, it should be taken into account in this modern era, since the implementation of character-based education is not only government’s responsibility through formal education, but also family (informal education) and also society (nonformal education). The purpose of this study was to analyze the implementation of the Islamic education curriculum to the Islamic character development of MTs Al-Khairiyah Pulokencana’s students. The research approach used in this study was a qualitative approach. This research was conducted at Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pulokencana Pontang. The research subjects were principals, teachers, employees and students. The subjects were chosen by using purposive sampling technique. Data collection techniques were carried out by using interview, observation, and documentation methods. The triangulation was used to validate the research data. In addition, the Miles and Hubarman model was used for data analysis, namely data reduction, data display, and conclusion drawing/verification data. The results of the study concluded that the implementation of the Islamic religious education curriculum (PAI) to Islamic character development of MTs Al-Khairiyah Pulokencana’s students ran well according to the plan, for instance prayed before studied, and went along the learning process. The Islamic characters were listed as follow: a religious character, honest, generous, caring for the environment and having a social spirit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisti, A. R. (2016). Perpaduan konsep islam dengan metode montessori dalam membangun karakter anak. Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61–88. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v8i1.61-88
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 13(1), 25–38.
Alquran, A. (2014). Al-Qur’anul Karim Akbar As-Samad, Jakarta: Lokal Books Distribution Samad.
Armin, R., & Dalimunthe, A. (2015). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SMP N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 102–111.
Azizah Munawaroh. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 142–156.
Edo Dwi Cahyo. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 16–26.
Handayani, B., A., Widodo, H., & Wahyudi, E. (2019). Penerapan Kurikulum Ismuba terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa SMP Muhammadiyah Banguntapan. Al Tazkiyah: Jurnal Pendidikan, 10(2), 231–243.
Istiqomah, & Widodo, H. (2019). Membangun Character Building Bagi Anak Difabel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pengetahuan,. Al Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu, 16(2), 98–107.
Juliani, I., W., & Widodo, H. (2019). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) Melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 65–74.
Kaimuddin. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64.
Muzaimiroh Mida Latifatul. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Kata Pena,.
Machali, I. (2014). Kebijakan perubahan kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia emas tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71–94.
Nuning Yulistika. (2016). Implementasi Program pendidikan Karakter (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Muttaqien Parung Bogor).
Nur Eko Marjoko P. (2018). Implementasi Kebijakan Full Day School di SD Muhammadiyah Bodon Kotagede. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(5), 560–575.
Prasetiawati, E. (2017). Konsep pendidikan anak menurut al-qur ’ an perspektif muhammad quraish shihab. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 116–131.
Setiawan. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Kewarganegaraaan. 2(1), 1–26.
Setyawan, A., & Widodo, H. (2019). Evaluasi Standar Proses pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Playen. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(2), 316–343.
Sri Suyanta. (2013). Membangun Pendidikan Karakter dalam Masyarakat. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 1–11.
Suryawati, D. P. (2016). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MTs Negeri Semanu Gunungkidul. ,. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(2), 309–322.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter Bandung: PT Remaja Rosdakarya,.
Syarbini, A. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter; Panduan Lengkap Mendidik karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah. Jakarta: As@-Prima Pustaka,.
Tantowi, R., T., & Widodo, H. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Ismuba SD Muhammadiyah Kalisoka Sentolo Kulonprogo DIY. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 9(1), 54–63.
Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan, 22(1), 40–51.
Published
2021-08-20
How to Cite
SUWANDI, Suwandi; WIDODO, Hendro. Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 127-134, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/400>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400.