Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Mempertahankan Eksistensi Pasar Seni Guwang di Masa Pandemi

  • Ni Putu Yunita Anggreswari Universitas Pendidikan Nasional
  • Putu Astrid Harikaputri Universitas Pendidikan Nasional
  • Muhammad Rifqi Universitas Pendidikan Nasional
  • I Nyoman Windu Surya Sidantha Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Corona Virus Desease merupakan virus yang menginfeksi seluruh dunia hingga statusnya ditetapkan sebagai pandemi. Mewabahnya virus corona atau yang dikenal dengan sebutan Covid-19 membuat perubahan dalam beberapa sektor yang salah satunya adalah sektor pariwisata. Merosotnya kunjungan pariwisata ke Bali juga berdampak terhadap pasar Seni Guwang dimana jumlah kunjungan pasar Seni Guwang merosot lebih dari 90%. Untuk menghadapi situasi tersebut diperlukan strategi komunikasi pembangunan sebagai langkah dalam memotivasi masyarakat agar turut berkontribusi dalam mempertahankan eksistensi pasar Seni Guwang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang terdiri dari Teknik wawancara, Teknik observasi dan Teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat strategi komunikasi pembangunan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran amsyarakat untuk berpartisipasi, menginformasikan tentang kesempatan masyarakat dalam berpartisipasi dan adanya usaha dalam meningkatkan kemampuan masyarakat dalam berpartisipasi.


 


Corona Virus Disease is a virus that infects the whole world untul its status is designated as a pandemic. The outbreak of the corona virus or known as Covid-19 has made changes in several sectors, one of which is the tourism sector. The declines in tourism visits to Balu also has an impact on the Guwang Art Market where the number of visits to the Guwang art Marekt fell by more than 90%. To deal with this situation, a development communication strategy is needed as a step in motivating the community to contribute to maintaining the existence of the Guwang Art Market. This study uses a qualitative approach with data collection techniques consisting of interview techniques, observation techniques and documentation techniques. The result of this study indicate that there is a development communication strategy that aims to raise public awareness to participate, inform the community about opportunities to participate and the existence of efforts to improve the community’s ability to participate.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara. (2020). Komunikasi Pembangunan: Telaah untuk Memahami Konsep, Filosofi, serta epran serta Komunikasi terhadap Pembangunan dan Pembangunan Komunikasi dalam Era Digital. PT.Rajagrafindo Persada.
Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. PT Bumi Aksara.
Nuruddin, Wirawan, P. E., Pujiastuti, S., & Sri Astuti, N. N. (2020). Strategi Bertahan Hotel di Bali Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies), 10(2), 579. https://doi.org/10.24843/jkb.2020.v10.i02.p11
Pelita, G., Jaya, S., Makmur, K. I., Ali, M., & Widiana, A. (2018). Dana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Gampong ( Apbg ). 7(1), 45–65.
Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Arruzzmedia.
Rani, S. (2016). Strategi Komunikasi dalam Pembangunan Desa Berbasis Partisipatif. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah, 15(29), 45–53.
Sayuti, R. H., & Hidayati, S. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat di Nusa Tenggara Barat. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 133–150. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.46
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Surahmi, A., & Farid, H. M. (2018). DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG Communication Strategy in Encouraging People ’ s Participation toward Development in Duampanua Subdistrict , Pinrang Regency Pembangunan merupakan suatu proses pembaharuan yang kontinyu dan terus Usaha pembaharuan untuk mendapa. 7(2), 233–234.
Suyanto. (2015). Metode Penelitian Sosial. Airlangga University Press.
Published
2021-08-23
How to Cite
ANGGRESWARI, Ni Putu Yunita et al. Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Mempertahankan Eksistensi Pasar Seni Guwang di Masa Pandemi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 223-230, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/416>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.416.