Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi

  • Ris Doyok Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi

Abstract

Program tahfihz di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi selama daring (online) mengalami perubahan yang sangat signifikan, mulai dari kesiapan lembaga, guru, siswa, fasilitas, terutama pada saat pelaksanaan proses pembelajaran daring (online) berbagai kendala dihadapi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi program tahfiz selama proses pembelajaran daring (online). Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks sudah baik, evaluasi masukan bisa dikatakan baik, evaluasi proses mengalami hambatan yang cukup mengkhawatirkan proses kelangsungan program tahfiz diakibatkan pandemi Covid-19 ini sehingga sangat berdampak pada proses pembelajaran tahfiz, dan evaluasi produk menunjukkan tingkat keberhasilan jauh dari apa yang telah direncanakan. Maka bisa dikatakan bahwa keberhasilan program tahfiz di masa pandemi Covid-19 mengalami kemunduran atau target yang diharapkan tidak tercapai.


The tahfihz program at Al-Ishlah Islamic Junior High School Bukittinggi while online underwent very significant changes starting from the readiness of institutions, teachers, students, facilities, especially during the implementation of the online learning process, various obstacles were encountered. The aim is to find out how the tahfiz program is implemented during the online learning process. This research method uses a qualitative approach with the CIPP evaluation model (context, input, process, and product). The results of this study indicate that the context evaluation is good, the evaluation of the input can be said to be good, the evaluation of the process experienced obstacles that were quite worrying for the continuity of the tahfiz program due to the Covid-19 pandemic so that it greatly affected the tahfiz learning process, and the product evaluation showed a success rate far from what had been planned. So, it can be said that the success of the tahfiz program during the Covid-19 pandemic experienced a setback or the expected target was not achieved.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto; Jabar, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Budi Yoga Bhakti. (2017). Evaluasi Program Model CIPP Pada Proses. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah, 1(2), 75–82.
Christiani, Y. (2018). Penerapan Model Cipp Dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. 6, 1–6.
Dike, M., Ilyasa, J., & Madjid, A. (2021). Evaluasi Program Terapi Al- Qur’an M elalui Model Context, Input, Process, Product (CIPP). 13(1).
Djuanda, I. (2019). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process Dan Output). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Fuadi, A. S., & Anas, M. (2019). Implementasi Model CIPP dalam Evaluasi Kurikulum 2013 Pendidikan Ekonomi. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 3, 316–324. http://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id/index.php/SEMDIKJAR/article/view/32
Hamalik, O. (2013). Kurikulum Dan Pembelajara. Bumi Aksara.
Karim, K. (2008). Mengapa Saya Menghafal Alqur’an. Daar Annaba.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta’dib, 6(1), 118.
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik Dan Implementasi. Remaja Rosdakarya.
Pramesti, S. L. D. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika Pada Boarding School Berdasarkan Model Cipp. Integral: Pendidikan Matematika, 11(1), 17–32. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JNR/article/view/1139
Redy, P., & Jaya, Partus. Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1(1), 10–25.
Saepudin, Y. N. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Pelatihan Parenting Dengan Menggunakan Pendekatan Model Cipp Di Pkbm Melati Jayagiri. 1(1), 41–57. http://www.ghbook.ir/index.php?name=فرهنگ و رسانه های نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA
Sangadji, K. (2014). Model Cipp Untuk Evaluasi Pengembangan Ktsp Pada Jenjang Pendidikan Persekolahan. Jurnal Biologi, 3(2), 79–87.
Sanjaya, W. (2011). Kurikulum Dan Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. (2004). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mangajar. Raja Grafindo Persada.
Syahrir, Supriyati, Y., & Fauzi, A. (2021). Evaluasi Dampak Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) melalui model CIPP pada Kinerja Dosen aspek Pembelajaran pada Masa Pendemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 144–150.
Syamsuri. (2009). Menggapai Mukjizat Alquran; Berita Surga Bagi Para Pecinta Alquran. Al-Manar.
Tsani, I., Arsyadana, A., & Shafira, E. (2021). Evaluasi Model Cipp Pada Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sma Negeri 7 Kota Kediri. 12(1), 17–45.
Waskito, E. W. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP. 5, 17–26.
Zulherma, F. M. N. E. S. L. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Seni Grafis Stencil Print Di Taman Kanak-Kanak. Культура Культуры, 3(2), 1434–1439.
Published
2021-08-20
How to Cite
DOYOK, Ris. Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Tahfiz Selama Daring di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 73-82, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/429>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.429.