Analisis Kebutuhan Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas IV SD

  • Auliya Robiah Adawiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kowiyah Kowiyah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

Keterampilan operasi perkalian sangat penting dalam pendidikankarena operasi perkalian merupakan inti dasar mata pelajaran matematika hingga tingkat tinggi. Fungsi media pada pembelajaran yakni menyampaikan informasi selama pembelajaransehingga menginspirasi siswa untuk belajar. Terdapat banyak variasi media pembelajaran operasi perkalian, di antaranya media permainan kartu. Permainan kartu ini disebut domino. Penelitian ini menggunakan survei kuesioner dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan angket dikategorikan sesuai dengan kebutuhan target yang diujicobakan kepada siswa kelas IV SD dengan latar sekolah yang berbeda. Tujuan pada penelitian ini yakni ingin mengetahui kebutuhan dalam pengembangan permainan kartu domino, media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada pembelajaran operasi perkalian, dan tingkat ketahuan para siswa terkait dengan media kartu domino tersebut. Adapun hasil penelitian menunjukkan tingkat implementasi media pada pembelajaran mendapatkan skor sebesar 78,1% dan respons positif terhadap permainan kartu sebesar 78,1%.


Multiplication operation skills are very important in education, because multiplication operations are the basic core of mathematics subjects to a high level. The function of the media in the learning is to convey information during learning, so that it inspires students to learn. There are many variations of multiplication operation learning media, including card game media. This study used a questionnaire survey with data collection techniques through questionnaires and questionnaires categorized according to the needs of the target were tested on fourth grade elementary school students with different school backgrounds. The purpose of this study is to find out the needs in the development of domino card games, the learning media used by teachers in learning multiplication operations, and the level of discovery by students related to the domino card media. The results of the study show that the level of media implementation in learning gets a score of 78,1% and a positive response to card games is 78,1%.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2).
Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development learning model of charactereducation through e-comic in elementary school. International Journal of Education and Research, 3(9), 369–386.
Crismono, P. C. (2017). Pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(2), 106–113.
FITA, W. T. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN MULTYPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA KELAS 3 SD/MI. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Hamzah, A., & Muhlisrarini, 2014. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (2nd ed.).
Ihsana El Khuluqo. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Metode Dan Aplikasi Nilai-Nilai Spritualitas Dalam Proses Pembelajaran (1st ed.).
Isma, Y. E. N., & Hidayah, R. (2015). Development of Domino Chemistry Game Card Media to Practice Analytical Thinking Skills of Students in Chemical Bonding Topic of Class X Semester 1. Journal of Chemical Education, 386–392.
Kowiyah. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 67–74. http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/48
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Muhsetyo, G. (2011). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.
Mulyawati, I., Supriansyah, S., & Kowiyah, K. (2020). Implementasi Penerapan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Muhammadiyah Jakarta Timur. SEMINAR NASIONAL PGSD UHAMKA 2020, 57–64.
Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2018). Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Permata Net.
Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran dalam pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan.
Rijal, A. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. 2507(February), 1–9.
Rulandari, R. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Multiplication Card Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Kelas II di SDN Anggaswangi 2 Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Sarumaha, R. (2020). UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM OPERASI PERKALIAN DENGAN METODE LATIS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS). https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1608
Sitti Hartinah, D. S., & Setiawan, T. (2013). Sikap Guru Taman Kanak-Kanak Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1).
Suwarto, S. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN OPERASI BILANGAN DENGAN BENDA KONKRET. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.30738/.v5i3.1437
Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran. Seminar Nasional Dan Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Pengembangan Evaluasi Sistem Pembelajaran Berorientasi Multiple Intelligences.
Yusnita, A., Rangan, A. Y., & Setiawan, F. (2016). MEMBANGUN GAME FUN ANIMAL PUZZLE MENGGUNAKAN ALGORITMA SHUFFLE RANDOM. Sebatik. https://doi.org/10.46984/sebatik.v15i1.68
Published
2021-08-20
How to Cite
ADAWIYAH, Auliya Robiah; KOWIYAH, Kowiyah. Analisis Kebutuhan Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas IV SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 115-120, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/435>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.435.