Mengasah Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Berdoa pada Anak Usia Dini

  • Nur Hafidz UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Raden Diana Rachmy UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Every human being often experiences failure, social jealousy, and high emotions. The concept of spiritualism invites self-peace and brings meaningful values. The attitude of spiritual intelligence is a form of self-awareness in a better human life. So from an early age, spiritual intelligence must be honed. This is because early childhood is active in the aspect of growth and development through response and stimulation. This study aims to get an idea of ​​how to hone the spiritual intelligence of early childhood through prayer activities in early childhood. This research approach is descriptive qualitative in the online and offline interview and observation methods for teachers and children at TPQ Nurul Hidayah Wadas Kelir Karangklesem Purwokerto Selatan The subjects in this study were children aged 4-6 years as many as 10 children. Consists of 6 boys and 4 girls. As a result, prayer activities can hone children's spiritual intelligence in the form of good behavior, have a conscience, have positive thinking skills, have skills, and have achievements. Seeing the achievement of children's success with cooperation between teachers and parents in prayer activities. So there is a habit that children continue to learn about religion by looking at the pattern of daily prayer activities.


 


Setiap manusia sering mengalami kegagalan, kecemburuan sosial, dan emosi tinggi. Konsep spiritualisme mengajak kedamaian diri dan membawa nilai yang bermakna. Sikap kecerdasan spiritual menjadi salah satu bentuk menyadarkan diri dalam kehidupan manusia yang lebih baik. Oleh karena itu, kecerdasan spiritual harus diasah sejak usia dini. Hal tersebut karena aspek tumbuh kembang anak usia dini sedang aktif melalui respon dan rangsangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang cara mengasah kecerdasan spiritual anak usia dini melalui aktivitas berdoa. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dalam metode wawancara dan observasi secara online dan offline pada  guru dan anak-anak di TPQ Nurul Hidayah Wadas Kelir Karangklesem Purwokerto Selatan. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4−6 tahun sebanyak 10 anak. Terdiri 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas berdoa dapat mengasah kecerdasan spiritual anak berupa sikap perilaku baik, memiliki keyakinan hati nurani, kemampuan berpikir positif, dan memiliki keterampilan, serta berprestasi. Melihat capaian keberhasilan anak dengan kerja  sama antara guru dan orang tua dalam kegiatan aktivitas berdoa. Maka ada suatu kebiasaan yang terus menerus anak dalam belajar agama dengan melihat pola aktivitas berdoa setiap harinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Z. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(2), 27–42. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i2.46
Boiliu, F. M., & Polii, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 76–91. https://doi.org/10.46305/im.v1i2.18
Büssing, A., Zhai, X., Peng, W., & Ling, C. (2013). Psychosocial and spiritual needs of patients with chronic diseases: Validation of the Chinese version of the Spiritual Needs Questionnaire. Journal of Integrative Medicine, 11(2), 106–115. https://doi.org/10.3736/jintegrmed2013020
Dewi, E. S. (2014). Meningkatkan Nilai-Nilai Akhlak pada Anak Melalui Pembiasaan Berdoa Di Kelompok B TK Alkhairaat Toaya. Bungamputi, 2(6), Article 6. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/2727
Fiah, R. E. (2014). Mengembangkan Potensi Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Implikasi Bimbingannya. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 85–92. https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1450
Firdaus, I. (2016). Membangun Kecerdasan Spiritual Islami Anak Sejak Dini. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an Dan al-Hadits, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/al-dzikra.v10i1.1823
Hafidz, N., & Aerin, W. (2020). Nilai Moral Anak Dalam Buku Dongeng Fabel Imajinatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal I’TIBAR, 4(2), Article 2. http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/itibar/article/view/222
Harisa, A. (2019). The Influence of Counseling Guidance and Spiritual Intelligence in Developing Students’ Islamic Personality. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 75–86. https://doi.org/10.15575/jpi.v5i1.4552
Hasanah, F. (2019). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Di Ra Muslimat Nu Nurud Dholam. Islamic EduKids, 1(2), 13–19. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1632
Hastuti, R. (2016). The Efficacy of Leader’s Islamic spiritual Intelligence Toward Employee Emotional Well-being. IQTISHADIA, 9(2), 352–375. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v9i2.1735
Holder, M. D., Coleman, B., & Wallace, J. M. (2010). Spirituality, Religiousness, and Happiness in Children Aged 8–12 Years. Journal of Happiness Studies, 11(2), 131–150. https://doi.org/10.1007/s10902-008-9126-1
Huberman, M.A, M., M. B. (1984). Qualitative Data Analysis. Sage Publication.
Istiariani, I., & Arifah, U. (2020). Education Level, Spiritual Intelligence, and Love of Money: Do They Correlate to Ethical Perception? Shirkah: Journal of Economics and Business, 5(2), 228–249. https://doi.org/10.22515/shirkah.v5i2.309
Istiqomah, N., Pebrian, R., & Mutoharoh, S. (2018). Spiritualitas, Doa Dan Prestasi Belajar. Belajea; Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 125–146. https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.652
Kahlil, K. (2000). Spiritual Intellegence, Practical Guide to Personal Happiness. White Moutain.
Lexy J. Moleong. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Long, D., Elkind, D., & Spilka, B. (1967). The Child’s Conception of Prayer. Journal for the Scientific Study of Religion, 6(1), 101–109. https://doi.org/10.2307/1384202
Lubis, R. R. (2018). Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak. Jurnal Al-Fatih, 1(1), 1–18.
Mountain, V. (2005). Prayer is a positive activity for children—A report on recent research. International Journal of Children’s Spirituality, 10(3), 291–305. https://doi.org/10.1080/13644360500347573
Muhajir, Mubarrak, Z., Amiruddin, Khaidir, Saputra, F., & Ridha, M. (2019). Method of Parents in the Development of Child Prayers Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) (Case Study of ADHD Children in Kulam Kemukiman Syamtarail Village, North Aceh). Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 1(2), 278–290. https://doi.org/10.33258/biolae.v1i2.95
Muntaz, A., Hariansyah, Y., & Aryanto, A. (2016). Perancangan Buku Doa Untuk Anak-Anak. Besaung : Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36982/jsdb.v1i1.41
Nuari, A., Yuline, & Lestari, S. (2015). Analisis Pembiasaan Perilaku Berdoa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Ra Al-Iman Pontianak Tenggara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), Article 2. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/8978
Peradila, S., & Chodijah, S. (2020). Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 70–94. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2376
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806
Raboteau, A. J. (1992). Praying the ABCs: Reflections on Faith in History. CrossCurrents, 42(3), 314–325.
Safaria, T. (2007). Spiritual Intellegence Metode Pengembangan Kecerdasan Spritual Anak. Graha Ilmu.
Subadra, J. (2020). Praying to Poshamma is for good fortune, not religion. Prabuddha: Journal of Social Equality, 4(1), 9–19.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Sulwianti, S. (2014). Peranan Pembiasaan Berdoa dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama pada Anak di Kelompok B TK Ria Kartini Pewunu Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. Bungamputi, 2(9), Article 9. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/3301
Ulya, M., & Suryadilaga, M. A. (2020). Pengenalan Covid-19 Pada Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pendidikan Hadits. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 119–131. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v3i2.3787
Published
2021-11-10
How to Cite
HAFIDZ, Nur; RACHMY, Raden Diana. Mengasah Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Berdoa pada Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 59-68, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/444>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.444.