Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Model Pendidikan Lingkungan Unesco

  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Putu Ayu Septiari Dewi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui model pendidikan lingkungan UNESCO. Penelitian ini tergolong dalam penelitian studi literatur. Sumber data penelitian berasal dari buku, jurnal, makalah, dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan kecerdasan naturalis dan model pendidikan lingkungan UNESCO. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pendidikan lingkungan UNESCO dapat digunakan untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini, yaitu melalui kegiatan membaca, menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar, mengelola lingkungan dan budaya peduli lingkungan. Dalam pengembangan kecerdasan naturalis, peran guru dan orang tua adalah sebagai pengawas, motivator, dan fasilitator.


This study aims to describe strategies for developing naturalist intelligence for early childhood through the UNESCO Environmental Education Model. This research belongs to the literature research. Sources of research data are from books, journals, papers and other scientific works related to naturalist intelligence and the UNESCO Environmental Education Model. The collected data was analyzed using content analysis techniques. The results of the study state that the UNESCO Environmental Education Model can be used to develop naturalist intelligence for early childhood, namely through reading activities, using the environment as a learning resource, managing the environment and a culture of environmental care. In developing naturalist intelligence, the roles of teachers and parents are as supervisors, motivators and facilitators.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hayati, S. (2008). Pendidikan Lingkungan Hidup dalam Membentuk Perilaku Lingkungan Bertanggung Jawab. Bandung.
Juniarti, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267–284.
Muhaimin. (2015). Membangun Kecerdasan Ekologis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Prasetyo, K., & Hariyanto. (2017). Pendidikan Lingkungan Indonesia, Dasar Pedagogi dan Metodologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmah, S. (2008). Teori Kecerdasan Majemuk Howard Gardner dan Pengembangannya Pada Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, V(1), 89–110.
Rocmah, L. I. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play Terhadap Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Pedagogia, 5(1), 47–56.
Setyowati, D. L., Sunarko, Rudatin, & Sedyawati, S. M. R. (2014). Pendidikan Lingkungan Hidup. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416
Uno, H. B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijaya, I. K. W. B. (2018). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Jurnal Pratama Widya, 3(2), 41–46.
Wijaya, I. K. W. B. (2019a). ECO FAMILY : METODE PARENTING ANAK USIA DINI UNTUK MEMBENTUK GENERASI LITERASI LINGKUNGAN. Jurnal Pratama Widya, 4, 40–47.
Wijaya, I. K. W. B. (2019b). PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI DENGAN KONSEP TRI PRAMANA. Seminar Nasional Anak Usia Dini, 41–48.
Wijaya, I. K. W. B., Darmayanti, N. W. S., & Jayadiningrat, I. M. G. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Dengan Konsep Empat Pilar Pendidikan. Jurnal Pratama Widya, 6(1), 59–65.
Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). MENGEMBANGKAN KECERDASAN MAJEMUK SISWA SEKOLAH DASAR (SD) MELALUI PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154.
Yusuf. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Karakter Peserta Didik Dengan Mengontrol Kecerdasan Naturalis. Universitas Pendidikan Ganesha.
Published
2021-08-20
How to Cite
WIJAYA, I Komang Wisnu Budi; DEWI, Putu Ayu Septiari. Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Model Pendidikan Lingkungan Unesco. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 97-100, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/449>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.449.