Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tladan 2 Tahun Ajaran 2020/2021

  • Vivi Rulviana Universitas PGRI Madiun

Abstract

Learning must be implemented using methods and media that enable students to improve their learning results. The goal of this study was to see how the Gallery Walk approach affected primary school pupils' learning outcomes. This is a study that is being conducted as an experiment. The result of this research is that the pretest value is 0.222 while the posttest value is 0.223. Based on the t-test, it shows that tcount = 14,601 with ttable = 2,228, 14.601 > 2,228, then H0 is rejected. So it can be concluded that there is an influence of the Gallery Walk learning method on the learning outcomes of elementary school students.


 


Pelaksanaan pembelajaran memerlukan metode dan media yang dapat memfasilitasi siswa guna meningkatkan hasil belajarnya Tujuan dari peneltian berikut adalah mengetahuii pengaruh metodeeGallery Walk terhadp hasill belajar siswa SD. Penelitian berikut termasuk dalam jenis eksperimen. Hasil penelitian ini Lhitung nilai pretest sebesar 0,222 sedangkan Lhitung  nilai postest 0,223. Berdasarkan uji t menunjukkan hasil_thitung = 14,601 dengan ttabel = 2,228, 14,601 > 2,228, maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S., & Mansur. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Energi dan Perubahannya. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, Vol. 08(No. 02), h. 235-248.
Aqib, Z. (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Penerbit InsanCendekia.
Djamarah, S.B. & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Indahwati, P. (2017). Meningkatkan kemampuan matematika dengan metode pameran berjalan bagi peserta didik kelas VIII. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 518-527.
Manik, Y. M., & Bangun, D. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap hasil belajar pada pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Perbaungan. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 7(2), 125-136.
Mudjiono, D. &. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rustam, R., Syamsudduha, S., & Damayanti, E. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Gallery Walk Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Biologi. Bioma : Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.32528/bioma.v5i1.3672
Sari, D. P. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Gallery Walk Melalui Media Gambar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas VIISMP Inshafuddin Banda Aceh.
Uno, Hamzah B.,Nina Lamatenggo, S. M. A. K. (2011). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional (D. Ispurwanti (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.
Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Published
2021-11-10
How to Cite
RULVIANA, Vivi. Pengaruh Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Tladan 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 19-24, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/455>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.455.