Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Berbantu E-Modul Ditinjau dari Berpikir Kreatif Siswa

  • Siti Rodi'ah IAIN Tulungagung
  • Isatul Hasanah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Abstract

Bahan ajar elektronik yang berorientasi pada aktivitas penemuan dengan diberikan alur kegiatan belajar yang sistematis dan mudah dipahami oleh siswa dapat memudahkan siswa mengeksplorasi kemampuan berpikir kreatifnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksplorasi penggunaan e-modul matematika berbasis proyek ditinjau dari berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa siswa dapat mengeksplorasi pembelajaran matematika berbasis proyek berbantu e-modul dengan cukup baik yang ditinjau dari berpikir kreatifnya. Dari 25 siswa diperoleh data pencapaian indikator berpikir kreatif yang dicapai oleh siswa antara lain: kepekaan ada 11 siswa, kelancaran ada 3 siswa, keaslian 8 siswa, dan elaborasi 1 siswa, sedangkan 2 siswa tidak mencapai indikator berpikir kreatif dikarenakan tidak mengikuti pembelajaran matematika berbasis proyek berbantu e-modul.


An electronic teacher-oriented invention with a given systematic and easy-to-understand flow of learning can make it easier for students to explore their creative thinking ability. The purpose of this study is to describe exploration of the use of a project-based mathematical module viewed from student creative thinking. The study involves qualitative methods. Based on data analysis obtained studies that students can explore working-based mathematical learning-module projects quite well covered by creative thinking. From 25 students acquired data of the accomplishment of creative thinking indicators attained by the student are among other things: sensitivity there are 11 students, smoothness there are 3 students, authenticity 8 students, and elaboration 1 student, while 2 students did not reach the indicators of creative thinking because they did not follow the mathematics based project e-module assist.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Yani. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Publisher:Bandung: Alfabeta
Amidi, M. & Z. Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu E-Learning. Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu E-Learning. Universitas Negeri Semarang.
Astri May Handayani, Uki Suhendar, S. P. M. (2021). Model PJBL dengan Lembar KWL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Histogram), 4(2).
Fauzi. (2004). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Gadis Hayuhana Siskawati, Mustaji, B. S. B. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Online. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2).
Hanifa Ainun Nisa, Mujib, R. W. Y. P. (2020). Efektivitas E-modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia., 5(2).
Husnul Khotimah, Suhirman, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreatifitas Berpikir dan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Gerung Tahun 2018/2019. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(1).
I Wayan Eka Mahendra. (2016). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1).
I Wayan Widana, K. L. S. (2021). I Wayan Widana, Kadek Lisa Septiari. 2021. Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1). https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031.
Indra Kurniawan Rezki, Joni Karnando, E. T. (2021). Efektivitas E-modul Berbasis Project Based Learning Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT), 1(1).
Indri Octaviyani, Yaya Sukjaya Kusumah, A. H. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project Based Learning dengan Pendekatan STEM. Journal on Mathematics Education Research, 1(1).
Istanti Tri Wulandari. (2020). Pengembangan Buku Panduan Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun. In Tesis.
Kuo-Hung Tseng, Chi-Cheng Chang, Shi-Jer Lou, W.-P. C. (2016). Attitudes Towards Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) in a Project-Based Learning (PJjBL) Environment. Ediubasic, 23(2). https://doi.org/10.1007/s10798-011-9160-x
Meilan Arsanti. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. 1(1).
Meti Sopiani, Tatang Syaripudin, A. S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa dalam Mengelola Sampah di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(3).
Nelpita Ulandari, Rahmi Putri, Febria Ningsih, A. P. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Rezan Yilmaz. (2020). Prospective Mathematics Teachers Cognitive Competences On Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 11(1).
Riley Evans. (2017). Math Path: Encouraging Female Students in Mathematics Through Project-Based Learning. Problems, Resources, and Issues in Mathematics Undergraduate Studie. 3(3). https://doi.org/10. 1080/1051 1970.2017.1339154
Septinaningrum. (2019). Improving Creative Thinking Ability of Prospective Elementary School Teachers Through Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Project-Oriented Learning Model. ICCE, 2(2).
Siswono. (2011). Level of Student’s Creative Thinking in Classroom Mathematics. Educational Research and Review, 6(7).
Siti Roazah. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Open-Ended Problem untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di SDIT Baitul Qur’an dan MI Diniyah Putri Lampung. Tulungagung: Pascasarjana IAIN Tulungagung.
Sri Hartini & Ramlah. (2021). Eksplorasi Etnomatematika dalam Kesenian Tari Jaipong Kabupaten Karawang. Jurnal IDEAS, 7(2).
Supardi U. S. (2016). Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif., 2(3).
Sutarto Hadi. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: Rajawali Pers.
Ucu Rosmiati, P. L. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) Berbasis WhatsApp Sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM), 5(1).
Vicki Lynn Holmes &Yooyeun Hwang. (2018). Exploring the Effects of Project Based Learning in Secondary Mathematics Education. The Journal of Educational Research., 4(2). https://doi.org/10.1080//00220671. 2014. 979911.
Warsono. (2014). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yanti Rosinda Tinenti. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta.: Deepublish.
Yuliana Eli. (2021). Pengembangan Soal Open Ended pada Pembelajaran Matematika Untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA).
Yusfita Yusuf. (2021). .Implementasi E-Learning dengan Model Pace Berbantuan Modul Berbasis Masalah pada Kondisi Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika., 4(1).
Published
2021-08-20
How to Cite
RODI'AH, Siti; HASANAH, Isatul. Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Berbantu E-Modul Ditinjau dari Berpikir Kreatif Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 107-114, aug. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/465>. Date accessed: 28 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.465.