Trends in The Development of Evaluation in Mathematics Learning

  • Renita Br PeranginAngin PPS UHN Medan
  • Robin Tarigan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Bung Heri Parhusip Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Jonas Ramza Sitinjak Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Tutiarny Naibaho Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Ruth Mayasari Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Medan

Abstract

The development of learning evaluation is determined by changes in the mathematics learning curriculum directly and changes in the national curriculum indirectly. This research is a literature study that aims to describe the trend of evaluation in mathematics learning. The evaluation of mathematics learning currently accommodates the three aspects of students' abilities, namely, attitudes, knowledge and skills as well as the assessment of its components starting from the input-process-output. Evaluation of mathematics learning in the future will also still apply authentic assessment.


 


Perkembangan evaluasi pembelajaran ditentukan oleh perubahan kurikulum pembelajaran matematika secara langsung dan perubahan kurikulum nasional secara tidak langsung. Penelitian ini merupakan penelitian studi literature yang bertujuan untuk menggambarkan trend evaluasi dalam pembelajaran matematika. Evaluasi pembelajaran matematika saat ini mengakomodir ketiga aspek kemampuan siswa yaitu, sikap, pengetahuan dan keterampilan serta penilaian komponennya mulai dari input-proses-output. Evaluasi pembelajaran matematika ke depan juga masih akan menerapkan penilaian autentik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, A. (2014). Penilaian dalam kurikulum 2013. Prosiding, 1(1), 23–33.
Arifin, A. (2003). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmadi, H. (2010). Kemampuan dasar mengajar. Bandung: Alfabeta, 114.
Fadillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/Mi, SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013: konsep & penerapan. Kata Pena.
Martiyono, P. P. S. P. P., & Berdasarkan, K. (2012). Termasuk Model Tematik. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nasional, M. P. (2007). Permendiknas No 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.
Nata, A. (2001). Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid: Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali. Rajagrafindo Persada (Rajawali Pers).
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2007). Education assessment of students. New Jearsey: Merrill Prentice Hall.
No, U.-U. (20 C.E.). Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Nomor, P. P. R. I. (32 C.E.). tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dokumen Negara.
Payong, M. R. (2011). Sertifikasi profesi guru: konsep dasar, problematika, dan implementasinya. Indeks.
Pendidikan, P. M., & Nomor, K. R. I. (2013). 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
PeranginAngin, R. B, dkk. (2021). Arah dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM). Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika , 49-62.
Purba, Y. O. (2015). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang diberi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran PAIKEM. UNIMED.
Suherman, E. (2003). Pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Educare.
Published
2021-11-15
How to Cite
PERANGINANGIN, Renita Br et al. Trends in The Development of Evaluation in Mathematics Learning. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 231-234, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/481>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.481.