Pengembangan Bahan Ajar Terampil Menulis Berbasis Project Based Learning Mahasiswa PBSI Universitas Islam Malang

  • Itznaniyah Umie Murniatie Universitas Islam Malang
  • Hasan Busri Universitas Islam Malang

Abstract

One of the essential competencies provided to students is writing. In fact, there are still many students who are not skilled at writing. This research aims to find out the process and results of the trial Development of Skilled Teaching Materials Writing Based Project-Based Learning PBSI Malang Islamic University Students. The method utilized is the research development research and development (R&D) addie model. Data collection techniques use questionnaires and tests. Techniques analyze data, used T-test to test the effectiveness of the product.  The results of this study found there was an average difference between pre-test results and post-tests, which means the use of Skilled Writing Based Teaching Materials Project-Based Learning proved effective.


 


Salah satu kompetensi yang penting dibekali kepada mahasiswa adalah menulis. Pada kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang belum terampil menulis. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses dan hasil uji coba pengembangan bahan ajar terampil menulis berbasis project based learning mahasiswa PBSI Unisma. Metode yang dimanfaatkan adalah penelitian pengembangan research and development (R&D) model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik menganalisis data menggunakan uji T untuk menguji efektivitas produk. Hasil penilitian ini ditemukan terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pre test dengan post test yang artinya penggunaan bahan ajar terampil menulis berbasis project based learning terbukti efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki, K. (2019). buku penyuluhan paragraf. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9).
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Rajagrafindo Persada.
Delisle, R. (2004). Delise, Robert (1997) Used Problem Based Learning in The Classroom. USA: Association for Supervision andCurriculum Development. Hawker Brownlow Education.
Fitriana, D. A., & dkk. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Esai dan Cerita Pendek untuk Santri. Jurnal Pendidikan UM.
Gijbels, D., Dochy, F. da. V. de B., & F. (2005). Effects of The Problem Based Learning. A Meta‐analysis from the Angle Measurement. Journal Review of Educational Research, 75, 27–49.
Hasan, S. (1986). Keterampilan Menulis Paragraf. Remaja Karya.
Jones, B. F., Rasmussen, C. M., & Moffitt, M. C. (1997). Real Life Problem Solving: A Collaborative Approach To Interdisciplinary Learning. American Psychological Association.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1).
Mansur, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, penulisan dan pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mohamad Yunus, S. (2008). Keterampilan dasar Menulis. Universitas Terbuka.
Murniarti, E. (2017). Penerapan Metode Project Based Learning. Journal of Education, 3(2), 369–380.
Nurgiyantoro, B. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE-Yogyakarta.
Pilendia, D. (2020). PEMANFAATAN ADOBE FLASH SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA : STUDI LITERATUR. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.255
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Rayanto, yudi hari. (2020). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI & PRAKTEK. Lembaga Academic and Research Institute.
Sakaria, S., & Nojeng, A. (2018). BAHAN AJAR MENULIS OPINI DAN ESAI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1). https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4965
Santoso, J. (2016). Kedudukan dan Ruang Lingkup Sintaksis. Modul 1.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sutama, I. M. (2013). Pembelajaran Menulis Berbasis Penemuan. Konferensi Nasional Bahasa Dan Sastra, III, (1, 446–450.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1).
Published
2021-11-10
How to Cite
MURNIATIE, Itznaniyah Umie; BUSRI, Hasan. Pengembangan Bahan Ajar Terampil Menulis Berbasis Project Based Learning Mahasiswa PBSI Universitas Islam Malang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 33-44, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/482>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.482.