Penggunaan Google Classroom Kombinasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19

  • Sukiman sukiman Universitas Billfath
  • Maulidia Tifani Alfin Nur Hardiana Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Billfath

Abstract

The outbreak of the coronavirus outbreak has disrupted the world of education, so learning activities are carried out online. So, this study aims to determine the effectiveness of the use of google classroom combined with WhatsApp as an online learning medium in the midst of Covid-19. The method used is descriptive quantitative and data collection using a questionnaire. From the results of the distributed questionnaires, data on the use of google classroom combined with WhatsApp was quite effective for online learning media. The use of google classroom and WhatsApp is quite effective for delivering material and evaluating learning with a confidence level of 64.33% of respondents being able to understand lecture material through google classroom and WhatsApp. Likewise, the use of internet data with a confidence level of 85.21% of respondents believed that google classroom and WhatsApp used less internet data.


 


Merebaknya wabah corona virus membuat dunia pendidikan terganggu sehingga aktivitas pembelajaran dilakukan secara daring. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan google classroom kombinasi WhatsApp sebagai media pembelajaran daring di tengah covid-19. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dan pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil angket yang disebar, diperoleh data pemanfaatan google classroom kombinasi WhatsApp cukup efektif untuk media pembelajaran daring. Pemanfaatan google classroom dan WhatsApp cukup efektif untuk menyampaikan materi serta melakukan evaluasi pembelajaran dengan tingkat kepercayaan sebesar 64,33% responden dapat memahami materi kuliah melalui google classroom dan WhatsApp. Begitu juga dengan penggunaan data internet dengan tingkat kepercayaan sebesar 85,21% responden percaya bahwa google classroom dan WhatsApp lebih sedikit menggunakan data internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amal, Bakhrul Khair. 2019. “Pembelajaran Blended Learning Melalui Whatsapp Group (Wag).” 3:700–702.
Andayani, Tri Rejeki. 2020. “Early View Sumber Informasi Serta Dampak Penerapan Pembatasan Sosial Dan Fisik Pada Masa Pandemi COVID-19 : Studi Eksploratif Di Indonesia.” xx(36).
Astini, Ni Komang Sari. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura 11(2):13–25.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):55–61.
Gunawan, Fransiskus Ivan, and Stefani Geima Sunarman. 2017. “Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran.” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia 340–48.
Hikmat, Endang Hermawan, Aldim, and Irwan. 2020. “Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online.” 1–7.
Maharani, Nia, and Ketut Sepdyana Kartini. 2019. “Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.” PENDIPA Journal of Science Education 3(3):167–73.
Mustakim, Mustakim. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika.” Al Asma : Journal of Islamic Education 2(1):1.
Napratilora, Martina, Hendro Lisa, and Indra Bangsawan. 2020. “Using WhatsApp as a Learning Media in Teaching Reading.” MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI 6(2):116–25.
Rigianti, Henry Aditia. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara.” Elementary School 7(2):297–302.
Ristyawati, Aprista. 2020. “Efektifitas Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Masa Pandemi Corona Virus 2019 Oleh Pemerintah Sesuai Amanat UUD NRI Tahun 1945.” Administrative Law and Governance Journal 3(2):240–49.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” BIODIK:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 6(2):214–24.
Soni, Afdhil Hafid, Regiolina Hayami, Yulia Fatma, Febby Apri Wenando, Januar Al Amien, Evans Fuad, Mitra Unik, Harun Mukhtar, and Hasanuddin. 2018. “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang.” Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI 2(1):17–20.
Susilawati, Samsul, and Triyo Supriyatno. 2020. “Online Learning Through WhatsApp Group in Improving Learning Motivation in the Era and Post Pandemic COVID -19.” Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(6):852–59.
Wicaksono, Vicky Dwi, and Putri Rachmadyanti. 2016. “Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur 513–21.
Published
2021-11-10
How to Cite
SUKIMAN, Sukiman; NUR HARDIANA, Maulidia Tifani Alfin. Penggunaan Google Classroom Kombinasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 51-58, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/501>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.501.