MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN I BULANGO TIMUR

  • Marike Runtu Guru Kelas VI SDN 1 Bulango Timur Kab. Bone Bolango

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kelas VI SDN I Bulango Timur Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango pada mata pelajaran IPS, yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 % yang telah ditentukan di SDN I Bulango Timur. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN I Bulango Timur, maka peneliti menggunakan pembelajaran kooperatif model Problem Posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif model Problem Posing. Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada modifikasi spiral yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus, dalam setiap siklus melalui 4 (empat) tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN I Bulango Timur Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah siswa 20 orang. 14 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I nilai rata-rata daya serap klasikal mencapai 60% serta ketuntassan belajar klasikal 40%, pada tindakan siklus II nilai rata-rata daya serap klasikal 88,82% serta ketuntasan belajar klasikal 85%. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indicator keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model problem posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN I Bulango Timur Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-14
How to Cite
RUNTU, Marike. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN I BULANGO TIMUR. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 497, nov. 2017. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/51>. Date accessed: 27 apr. 2024.