Segitiga Makna pada Iklan Gojek Edisi Ramadhan 2021: Kajian Semiotika

  • Siti Maemunah Universitas Pamulang
  • Siti Badriyah Universitas Pamulang

Abstract

Advertisements are not only broadcast as promotional media, but also information media. The implied message in the advertisement is presented creatively so that it has a deep meaning. This study aims to describe and interpret the signs and meanings contained in the Gojek advertisement for the Ramadan 2021 edition using a semiotic approach. The research method used is descriptive qualitative method, while the data collection uses the listening technique and continues with the note-taking technique. This study uses the concept of the triangle of meaning proposed by Charles Sanders Pierces, namely sign, object, and interpretant. Based on the data analysis conducted, the forms of signs and meanings taken in terms of narrative text, visuals, and taking pictures in each scene produce advertising meanings (1) shopping at Tokopedia can be delivered via Gosend; (2) shopping for daily needs through Gomart; (3) order or send food via Gofood; (4) continue to apply health protocols even at home; (5) all needs can still be met even at home with the Gojek application.


Iklan tidak hanya disiarkan sebagai media promosi, melainkan juga media informasi. Pesan tersirat pada iklan disajikan dengan penuh kreatif sehingga memiliki makna yang mendalam. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan dan menafsirkan mengenai tanda dan makna yang terdapat dalam iklan Gojek edisi Ramadan 2021 dengan menggunakan pendekatan semiotika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya menggunakan teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik catat. Penelitian ini menggunakan konsep segitiga makna yang dikemukakan oleh Charles Sanders Pierces, yakni sign, object, dan interpretant. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, bentuk tanda dan makna yang diambil dari segi teks narasi, visual, dan pengambilan gambar pada setiap scene menghasilkan makna iklan (1) belanja di Tokopedia bisa diantar melalui Gosend; (2) belanja kebutuhan sehari-hari bisa melalui Gomart; (3) pesan atau kirim makanan bisa melalui Gofood; (4) terus menerapkan protokol kesehatan meskipun di dalam rumah; dan (5) semua kebutuhan bisa tetap terpenuhi walaupun di rumah saja dengan aplikasi Gojek.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Press.
Ardia, V., Indriawan, & Jamiati. (2020). Tanda, Pesan dan Makna Iklan Gojek Versi ”Cerdikiawan” Semiotika Charles Sander Pierce. Kais, 1(2), 71–80.
Firdaus, M. C. (2018). Makna Kecantikan dalam Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes Iklan Citra Sakura Fair UV Versi Febby Rastanty) (Issue 21). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Dalam Periklanan. PT. Raka Grafindo Persada.
Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Pernada Media Group.
Moeleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Munaf, Y. (2001). Kajian Semiotika dan Mitologis Terhadap TatoMasyarakat Tradisional Kepulauan Mentawai. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Subroto, E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. UNS Press.
Vera, N. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.
Published
2021-11-10
How to Cite
MAEMUNAH, Siti; BADRIYAH, Siti. Segitiga Makna pada Iklan Gojek Edisi Ramadhan 2021: Kajian Semiotika. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 1-8, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/510>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.510.