Penerapan Pre & Post-Test terhadap Hasil Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Akuntansi UPBJJ UT Mataram

  • Yulanda Trisula Sidarta Yohanes Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas 45 Mataram
  • Dwi Ratna Kamala Sari Lukman Fakultas Dharma Sastra IAHN Gde Pudja Mataram
  • Ni Wayan Ria Lestari Fakultas Dharma Sastra IAHN Gde Pudja Mataram

Abstract

Independent learning activities need to get control for tutors to determine students' abilities in understanding independent learning outcomes. The way to see it, it is necessary to take action in the form of improvements in the learning process such as model selection, one of which is the pre & post test learning model. The purpose of this study was to determine the results of self-study in marketing communication courses conducted by students of the Accounting Department at UPBJJ Mataram Open University, and to train students in communicating to promote products as part of the Business Communication course. Experimental results. The results of the pre&post-test showed fluctuating values, where after being accumulated in each meeting, the scores increased and decreased. The conclusion of this study is that the results of the students' learning ability of the 8th semester Accounting Department of UPBJJ Mataram Open University based on the pre-test had an average grade of 59. Then for the post-test from the 2nd (two) meeting to the 8th (eighth) meeting. ) has a class average of 62.03. The results of the average value affect the learning process to motivate students to be more optimal in dealing with lectures and Final Semester Exams.


 


Aktivitas pembelajaran mandiri perlu mendapatkan kontrol bagi tutor untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami hasil pembelajaran mandiri. Cara untuk melihatnya yaitu perlu adanya tindakan berupa perbaikan dalam proses pembelajaran seperti pemilihan model yang tepat salah satunya adalah model pembelajaran pre & post test. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar mandiri pada mata kuliah komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Akuntansi di UPBJJ Universitas Terbuka Mataram, serta melatih mahasiswa dalam berkomunikasi mempromosikan produk sebagai bagian dalam mata kuliah Komunikasi Bisnis. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan eksperimen. Hasil penelitian melalui pre & post-test menunjukkan nilai yang fluktuatif, yaitu setelah diakumulasi di setiap pertemuan mengalami peningkatan dan penurunan nilai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil kemampuan belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi semester 8 UPBJJ Universitas Terbuka Mataram berdasarkan pre-test memiliki nilai rata-rata kelas 59. Kemudian untuk post-test dari pertemuan ke-2 (dua) sampai dengan pertemuan ke-8 (delapan) memiliki nilai rata-rata kelas 62,03. Hasil nilai rata-rata tersebut berpengaruh terhadap proses pembelajaran untuk memotivasi mahasiswa agar lebih optimal dalam menghadapi perkuliahan dan Ujian Akhir Semester.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. In Ciptapustaka Media.
Gunadi, R. A. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan Dengan Model Context Input Process Product (CIPP). Jurnal Ilmiah Widya, 2(1), 1–8. http://e-journal.jurwidyakop3.com/index.php/jurnal-ilmiah/article/view/168
Peningkatan, T., Belajar, H., Pada, S., Pelajaran, M., Informasi, T., Komunikasi, D., Kuasi, (, Terhadap, E., & Kelas, S. (2013). Edi Junaedi , 2013 Pengaruh Modul Elektronik Berbasis Mobile Learning.
Joko Widiyanto, S.Pd., M. P. (2018). EVALUASI PEMBELAJARAN (Sesuai dengan Kurikulum 2013) Konsep, Prinsip & Prosedur. Unipma Press, 257.
Published
2021-11-22
How to Cite
YOHANES, Yulanda Trisula Sidarta; LUKMAN, Dwi Ratna Kamala Sari; LESTARI, Ni Wayan Ria. Penerapan Pre & Post-Test terhadap Hasil Pembelajaran Mahasiswa Jurusan Akuntansi UPBJJ UT Mataram. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 7, n. 4, p. 297-306, nov. 2021. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/529>. Date accessed: 05 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.529.