Studi Gender dalam Komunikasi Keluarga: Problematik yang Dihadapi Remaja Perempuan dalam Pengambilan Keputusan

PROBLEMATIKA REMAJA PEREMPUAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

  • Muhammad Sholeh Universitas Diponegoro Semarang
  • Gita Juniarti Universitas Diponegoro Semarang

Abstract

Penelitian ini membahas pola komunikasi berbeda pada empat keluarga dengan anak perempuan yang berencana melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggambarkan bahwa posisi remaja perempuan sebagai anak mengalami kendala ketika menyampaikan argumentasi terkait keinginan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena keluarga menerapkan tipe komunikasi lissez-faire. Di sisi lain, beberapa keluarga menerapkan tipe komunikasi konsensual yang mengedepankan diskusi tanpa memandang usia dan gender serta komunikasi pluralistik yang membebaskan anak mengambil keputusan untuk masa depan mereka.


 


This research discusses communication patterns that occur in four families in Central Java. These families have daughters who want to continue their college education. The methodology used qualitative with case study approach. This research illustrates the position of daughters side that experiences problems. Some of them were unable to express their desire because the family adopted a lissez-faire type of communication. The other families apply the type of consensual communication that promotes discussion by all family members regardless of age and gender. Some families apply a pluralistic type of communication that children are free to make decisions for their future.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bostwick, Eryn N., and Amy J. Johnson. 2018. Family Secrets: The Roles of Family Communication Patterns and Conflict Styles between Parents and Young Adult Children. Communication Reports 31(2):91–102. doi: 10.1080/08934215.2017.1380209.
Choirunisa, Nurul Lady, and Adijanti Marheni. 2019. Perbedaan Motivasi Berpretasi Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Antara Mahasiswa Perantau Dan Non Perantau Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana 6(1):21–30.
Del Franco, Nicoletta. 2010. Aspirations and Self‐hood: Exploring the Meaning of Higher Secondary Education for Girl College Students in Rural Bangladesh. Compare: A Journal of Comparative and International Education 40(2):147–65. doi: 10.1080/03057920903546005.
Dewi, Sari Puspa, Insi Farisa Desy Arya, Achadiyani, and Tri Hanggono Ahmad. 2015. Gambaran Motivasi Menjadi Dokter Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Jurnal Sains Dan Kesehatan 1(1):24–29.
Fitzpatrick, Marrry Anne. 2011. Family Communication Patterns Theory: Observations on Its Development and Application. Journal of Family Communication 4(3–4):167–79. doi: doi.org/10.1080/15267431.2004.9670129.
Fuller, Carol. 2011. Sociology, Gender and Educational Aspirations: Girls and Their Ambitions. London, UK: Continuum International Publishing Group.
Hamzah, Amir. 2020. Studi Kasus: Single Case, Instrumental Case, Multicase, Dan Multisite. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Idrus, Muhammad. 2012. Pembentukan Karakter Dalam Keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter 2(2):118–30. doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1297.
Lange, Alex C., Jodi L. Linley, and Cindy Ann Kilgo. 2021. Trans Students College Choice & Journeys to Undergraduate Education. Journal of Homosexuality 1–22. doi: 10.1080/00918369.2021.1921508.
Marta, Suci. 2014. Konstruksi Makna Budaya Merantau Di Kalangan Mahasiswa Perantau. Jurnal Kajian Komunikasi 2(1):27–43.
Najih, Muhammad Aqibun. 2017. Gender Dan Kemajuan Teknologi: Pemberdayaan Perempuan, Pendidikan, Dan Keluarga. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender 13(1):18–26. doi: 10.15408/harkatv13i1.7712.
Oduaran, Choja A. 2016. Psychosocial Predictors of Family Values among Undergraduate Students in a South African University. Journal of Psychology 7(2):137–49. doi: 10.1080/09764224.2016.11907854.
Prabowo, Wisnu, Munawir Yusuf, and Rini Setyowati. 2019. Pengambilan Keputusan Menentukan Jurusan Kuliah Ditinjau Dari Student Self Efficacy Dan Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua. Urnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling 5(1):42–48. doi: https://doi.org/10.26858/jppk.v5i1.7460.
Prodjo, Wahyu Adityo, and Yohanes Enggar Harususilo. 2019. 7 Jurusan Kuliah Ini Berkesan Cewek Banget, Apa Iya? Halaman all. KOMPAS.com. Retrieved October 3, 2021 (https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/04/21544531/7-jurusan-kuliah-ini-berkesan-cewek-banget-apa-iya).
Rini, Yohana Susetyo. 2014. Komunikasi Orangtua-Anak Dalam Pengambilan Keputusan Pendidikan. Jurnal Interaksi 3(2):112–22.
Rumata, Vience Mutiara. 2017. The Urban and Rural Family Communication in The Communication Technology Era. Jurnal Pekommas 2(1):43–54.
Sande, Arif Helmi. 2017. Pembagian Peran Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Keluarga. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank 3(3):464–69.
Segrin, Chris, and Jeanne Flora. 2005. Family Communication. London, UK: Lawrence Erlabaum Associates Publishers.
Stewart, Sheila. 2010. What Is a Family? 1st ed. Pennsylvania, USA: Mason Crest Publishers Inc.
Suhardi, Yusuf, and Meita Pragiwani. 2017. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta. Jurnal STEI Ekonomi 26(2):230–45. doi: https://doi.org/10.36406/jemi.v26i02.229.
Susanti, Afriani. 2017. Antusias Siswa Kejar Impian Kuliah Di Perguruan Tinggi. Okedukasi.Com. Retrieved July 15, 2021 (https://edukasi.okezone.com/read/2017/01/12/65/1589725/antusias-siswa-kejar-impian-kuliah-di-perguruan-tinggi).
Syamsiyah, Nur, and Andri Hardiyana. 2021. Problematika Pendidikan Anak Dalam Keluarga Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender 17(1):41–48. doi: 10.15408/harkatv17i1.18934.
Tanadi, Madeline, Sri Hartini, and Achmad Irvan Dwi Putra. 2020. Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Konsep Diri Pada Siswa Siswi Methodist 5 Medan. Jurnal Ilmiah Psikologi 22(1):17–27. doi: dx.doi.org/10.26486/psikologiv22i1 Feb.951.
Triratnawati, Atiek. 2005. Konsep Dadi Wong Menurut Pandangan Wanita Jawa. Jurnal Humaniora 17(3):300–311.
Turner, Lynn H., and Richard West. 2013. Perspectives on Family Communication. 5th ed. New York, USA: McGraw-Hill Education.
Ulfa, Siti Annisyah, and S. Syafrizaldi. 2017. Perbedaan Kematangan Emosi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Remaja Di SMAS Sinar Husni Medan. Jurnal Diversita 3(2):23–39. doi: 10.31289/diversitav3i2.1268.
Wulandari, Adetia, Yoyok Hendarso, and Yunindyawati. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Pemberian Beasiswa Terhadap Keputusan Pegawai Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Jurnal Sosiologi Nusantara 5(2):140–56. doi: doi.org/10.33369/jsn.5.2.140-156.
Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus: Desain Dan Metode. Vol. 1. 14th ed. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Zhang, Qin. 2007. Family Communication Patterns and Conflict Styles in Chinese Parent-Child Relationships. Communication Quarterly 55(1):113–28. doi: 10.1080/01463370600998681.
Zulaiha, Siti, S. Sagiman, and M. Mutia. 2019. Edukasi Literasi Informasi Bagi Anak Dan Remaja Untuk Meminimalisir Penyalahgunaan Media Jejaring Sosial. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender 15(2):116–25. doi: 10.15408/harkatv15i2.13469.
Published
2022-02-25
How to Cite
SHOLEH, Muhammad; JUNIARTI, Gita. Studi Gender dalam Komunikasi Keluarga: Problematik yang Dihadapi Remaja Perempuan dalam Pengambilan Keputusan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 97-108, feb. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/559>. Date accessed: 17 mar. 2025.