Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu

-

  • Vidriana Oktoviana Bano Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Damianus Ndamung Marambaawang Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Yohana Njoeroemana Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Abstract

Soal tes yang berkualitas yaitu soal yang dapat memberikan informasi setepat- tepatnya tentang hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kualitas soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMPN 1 Waingapu tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 20 butir soal. Sampel penelitian terdiri dari 62 respon jawaban siswa pada kelas IXA dan IXF dengan metode Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dan Microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan butir soal yang dipakai tergolong sukar 15%, butir soal yang tergolong sedang 60% dan butir soal yang tergolong mudah 25%. Analisis daya beda soal menunjukkan 70% butir soal tersebut sudah memiliki daya beda yang baik dan 30% lainnya tidak memiliki daya beda yang baik dan perlu direvisi. Sedangkan analisis keberfungsian option pengecoh dari butir soal diketahui 96% dari total option pengecoh pada butir soal tersebut termasuk baik dan sisanya tidak baik dan perlu direvisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, I. B. R. (2012). Analisis Butir Soal Tes Ulangan Akhir Semester IPS Terpadu Buatan Mgmp IPS Kabupaten Gianyar Kelas VII Semester 1 Tahun Pelajaran 2011-2012. Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–17.
Afrian, R., Islami, Z. R., & Mustika, F. (2018). Pembinaan Pembuatan Tes Buatan Guru (Soal) Mata Pelajaran Geografi Sma/Ma Kota Langsa. Jurnal Vokasi - Politeknik Negeri Lhokseumawe, 1(2). https://doi.org/10.30811/vokasi.v1i2.687
Amaliya, N. (2013). HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN MELAKUKAN PERSIAPAN PENGOLAHAN DI SMK NEGERI 6 YOGYAKART [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13173
Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Sial Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1 The Analysis of Difficulty Level and Discrimination Power of Test Items of Radiography Level 1 Examination. Bagiyono, 16(No. 1), 1–12. http://repo-nkm.batan.go.id/140/1/05_analisis_tingkat_kesukaran.pdf
Fitrianawati, M. (2017). Peran analisis butir soal guna meningkatkan kualitas butir soal, kompetensi guru dan hasil belajar peserta didik. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 282–295.
Kadir, A. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR Abdul Kadir. Al-Ta’dib, 8(2), 70–81.
Kurniawan, T. (2015). ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN IPS SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary Education Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jee ANALISIS, 4(1), 1–6. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
Laka, B. M., & Tuasikal, P. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran IPS. Ideas, 5(4), 363–370. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.220
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). ANALISIS KUALITAS SOAL PRA UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIV(1), 85–94.
Septiana, N. (2016). ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) BIOLOGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 KELAS X DAN XI PADA MAN SAMPIT. EduSains, 4(2), 115–121.
Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Press.
Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–217.
Uno, H. B., & Koni, S. (2018). Assessment Pembelajaran. PT Bumi.
Wardoyo, W., & Supraptono, E. (2014). Rancang Bangun Program Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Sebagai Pendukung Proses Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Teknik Elektro, 6(2). https://doi.org/10.15294/jte.v6i2.3589
Widoyoko, E. P. (2018). Penilaian Hasil Pembelajaran Di Sekolah. Pustaka Pelajar.
Published
2022-02-25
How to Cite
BANO, Vidriana Oktoviana; MARAMBAAWANG, Damianus Ndamung; NJOEROEMANA, Yohana. Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 145-152, feb. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/660>. Date accessed: 16 apr. 2024.