Pengaruh Praktek Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Profesional di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo
Abstract
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan titik kulminasi dari seluruh program pendidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa di LPTK. Selain itu juga PPL dapat diartikan sebagai suatu program yang merupakan ajang pelatihan untuk menerapkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam rangka pembentukan mahasiswa calon guru yang nantinya akan menjadi guru profesional. Dengan demikian PPL adalah sebuah program yang mempersyaratkan kemampuan aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dalam semua hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan, baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas keguruan lainnya. Kegiatan-kegiatan itu diselenggarakan dalam bentuk pelatihan terbatas, pelatihan terbimbing, dan pelatihan mandiri yang diarahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan, yang terjadwal secara sistematis di bawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong. Hakikat PPL semacam ini berlaku pula bagi Universitas Negeri Gorontalo sebagai salah satu LPTK di Indonesia.