Praktik Piano Berbasis Media Sosial: Sebuah Metode Belajar Mahasiswa Mayor Piano pada Masa Pandemi Covid-19

  • Stefanny Mersiany Pandaleke IAKN Manado
  • Veronika Tumbage Institut Agama Kristen Negeri Manado

Abstract

Kebijakan belajar dari rumah saat menghadapi pandemi covid-19 mengubah aktivitas pendidikan dari tatap muka menjadi dalam jaringan, termasuk pembelajaran praktik. Kelas Praktik Instrumen Mayor Piano yang semula dilaksanakan secara personal antara dosen dan mahasiswa mayor beralih pada kelas virtual, sehingga diperlukan metode belajar yang tepat untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk memahami dan mengkaji metode belajar praktik piano pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan sejak tahun 2020, menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan metode pembelajaran. Data dianalisis dimulai dari pengumpulan data, memilah data, display data secara runtut, kemudian penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar dalam mata kuliah praktik piano dilaksanakan berbasis media sosial (Instagram). Kedudukan metode praktik piano berbasis media sosial dapat dilihat sebagai: (1) alat motivasi ekstrinsik, yakni penggunaan media sosial menjadi motivasi bagi mahasiswa menunjukkan identitas diri melalui video-video praktik piano; (2) strategi pembelajaran yang melibatkan kolaborasi metode-metode pembelajaran dalam ruang virtual; dan (3) pencapaian tujuan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran mata kuliah dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.


The policy of learning from home when facing the COVID-19 pandemic has changed educational activities from face to face to online, including practical learning. The Piano Major Instrument Practice Class, originally held personally between lecturers and major students, turned into a virtual class, so appropriate learning methods are needed to facilitate students in achieving learning goals. The purpose of this study was to understand and examine the method of learning to practice the piano during the COVID-19 pandemic. This research has been implemented since 2020, using a descriptive qualitative method and a learning method approach. The results showed that the learning method in the piano practice was implemented on social media (Instagram). The position of the social media-based piano practice method can be observed as (1) An extrinsic motivation instrument, namely the use of social media as motivation for students to show their identity through piano practice videos; (2) Learning strategies that involve collaborative learning methods in the virtual room; and (3) Achievement of learning objectives which refers to the learning outcomes in the aspects of attitudes, knowledge, and skills.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Students Retention in Basic Piano Theory. Primaryedu Journal of Elementary Education, 124-133.
Banoe, P. (2013). Metode Kelas Musik. Jakarta: PT. Indeks.
Dewey, J. (2004). Experience and Education Pendidikan Berbasis Pengalaman. Jakarta: Teraju.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2018). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Grafura, L., & Wijayanti, A. (2019). Spirit Pedagogi di Era Disrupsi. Yogyakarta: Laksana.
Lapian, A., Maragani, M. H., & Pandaleke, S. M. (2021). Pendidikan Melalui Aktivitas Musikal dalam Ibadah Online Anak Sekolah Minggu GMIM Exodus Paniki Dua Manado. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik, 19-31.
Mindani. (2016). Metode Problem Solving dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 135-153.
Ratna, N. K. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sofyan, A., & Susetyo, B. (2017). Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Seni Musik di SMP Negeri 2 Semarang. Jurnal Seni Musik, 1-8.
Sumaryanto, T. (2017). Model Pembelajaran Musik Sebagai Ruang Komunikasi Budaya dan Pembentukan Karakter Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Seni 2017 Penguatan Kompetensi Guru Pendidikan Seni (pp. 20-31). Semarang: Jurusan Pendidikan Sendratasik UNNES.
Suryati, & Widodo, T. W. (2020). Sight Singing sebagai Strategi Pembelajaran Instrumen Piano di Prodi Pendidikan Musik ISI Yogyakarta. Resital, 99-112.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Yamin, M. (2015). Teori dan Metode Pembelajaran. Malang: Madani.
Published
2022-05-11
How to Cite
PANDALEKE, Stefanny Mersiany; TUMBAGE, Veronika. Praktik Piano Berbasis Media Sosial: Sebuah Metode Belajar Mahasiswa Mayor Piano pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 391-398, may 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/695>. Date accessed: 17 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i2.695.