Analisis Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Tunjangan Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau

  • Paisal Paisal Program Pascasarjana Universitas Terbuka
  • Entang Adhy Muhtar Universitas Padjajaran
  • Milwan Milwan Universitas Terbuka

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai dalam pelayanan tunjangan dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara. Landasan teori yang digunakan adalah konsep indikator kinerja yang mencakup kualitas, kuantitas, waktu, kerjasama, penekanan biaya, dan pengawasan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 19 orang dengan instrumen pengumpulan data melalui wawancara, FGD, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan dari segi kualitas pelayanan ada 6 indikator pada umumnya memiliki kinerja sedang meliputi kualitas, waktu, kerjasama, dan pengawasan. Namun, ada satu indikator yakni penekanan biaya yang memiliki kinerja tinggi dalam pelayanan tunjangan guru dan satu indikator lainnya kinerja rendah yaitu kuantitas. Faktor yang mendukung kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan adalah sumber daya manusia yang baik menghasilkan kinerja yang baik dan kerjasama antarbidang atau instansi yang memudahkan proses dalam pelayanan. Adapun faktor penghambat yaitu sering menunda pekerjaan yang ada, persyaratan berkas yang tidak lengkap atau tidak memenuhi persyaratan, dan sarana prasarana yang kurang lengkap. Dinas Pendidikan seyogyanya memberikan pelatihan khusus terhadap SDM terkait peningkatan kinerja pegawai sekaligus perbaikan dalam bidang sarana dan prasarana.


 


The study aims to determine the performance analysis of employees in the service of allowances and factors that support and hinder employee performance at the Education Office of Malinau Regency, North Kalimantan Province. The theoretical basis used is the concept of performance indicators which include quality, quantity, time, cooperation, cost suppression and supervision. The method in this research is descriptive with a qualitative approach. The informants used in this study amounted to 19 people with data collection instruments through interviews, FGDs, observations, and document analysis. The data analysis used in this research is qualitative analysis. In terms of service quality, the 6 indicators generally have moderate performance including quality, time, cooperation and supervision. but there is one indicator, namely cost suppression which has high performance in teacher allowance services and one other performance indicator, namely quantity. Factors that support the performance of employees at the Education Office are good human resources resulting in good performance and Inter-Sectoral/Agency Cooperation that facilitates the process in service. The inhibiting factors are often delaying existing work, incomplete file requirements or do not meet the requirements and Inadequate infrastructure. The Education Office should provide special training to existing human resources so that employees can become even better and also the need to add facilities and infrastructure that are lacking in service.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, A. Z. (2021). Analisis Kinerja Pegawai di Masa Pandemic Covid 19 Puskesmas Benda Baru Kota Tangerang Selatan Banten. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 5(1), 45–54. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i1.445
Ali, S. Y. A., Pangkey, M., & Tulusa, F. (2018). Efisiensi Administrasi Perkantoran di Kantor Camat Malalayang Kota Manado. Naskah Publikasi Ilmiah, 1–10.
Anitha. (2014). Determinants of employee engagement and their impact on employee performance. International Journal of Productivity and Performance Management, 63(3), 308–323. https://doi.org/10.1108/IJPPM-01-2013-0008
Dengi, A., Kadir, H. A., & Awaludin. (2020). Analisis Kinerja Pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk , Keluarga Berencana , Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kolaboratif Sains, 3(7), 368–377.
Husnayani, Agus, A. A., & Rifdan. (2018). Fungsi Pengawasan Dalam Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Bupati Kabupaten Soppeng. Jurnal Tomalebbi: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 13–34.
Imu, F. (2019). Evaluasi Kinerja Kebijakan Pelayanan Umum Satu Pintu Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan di Kantor Badan Pelayanan Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (BPPMTSP) Kabupaten Banggai. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 1–16.
Junianto, I., Isabella, & Kencana, N. (2020). Analisis Kinerja Pegawai pada Kantor Kelurahan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 5(1), 30–37.
Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan.
Lahada, G. (2015). Analisis Kinerja Pegawai Pada Kantor Kelurahan Kayamanya Induk Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 5(1), 25–37.
Mahmud, & Irawanto. (2021). Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu. Reformasi, 11(1), 1–7.
Malinau. (2016). Rencana Strategi (Renstra ) Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau tahun (2016-2021).
Manengkey, Y. K., Ismail, I., & Nurkaidah, N. (2020). Analisis Kinerja Pegawai Pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.35965/jpan.v3i1.598
Mendikbud. (2019). Permendikbud Nomor 19 Tahun 2019.
Niswan, E., & Sularmi. (2020). Analisis Kinerja Pegawai Di Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Soedarso Pontianak. Jurnal Equilibrium Manajemen, 6(1), 33–38.
Norhidayani. (2020). Kinerja Aparatur dalam Pelayanan Publik di Kecamatan banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Naskah Publikasi Ilmiah, 1–7.
Novrilla Alirman. (2016). Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Keluarga Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu). Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 1–11.
Orlita. (2020). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Naskal Publikasi Ilmiah, 3, 1–10.
Perbup. (2016). Peraturan Bupati Malinau Nomor 43 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Pokok Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Daerah.
Putra, D. D., Rifdan, & Umar, F. (2017). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik Di Kelurahan Mallawa Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Journal of Economics, Business and Management, IV(3), 79–91. http://ojs.unm.ac.id/tomalebbi/article/download/6739/3850
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis]. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95.
Safri, H., & Hendry, raja saul marto. (2020). analisis kinerja pegawai pada kantor kementrian agama Kabupaten Labuhanabatu. Jurnal Ecobisma, 7(2), 80–87.
Sambuardi, R. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(8), 1358–1364.
Setiawati, I. E., & Andayani, F. (2021). Analisis Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Bandung. Neo Politea, 1(2), 35–51. https://doi.org/10.53675/neopolitea.v1i2.106
Setiyawan. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. Journal of Chemical Information and Modeling.
Susanto, Y., & Sakti, T. N. (2020). Analisis kinerja pegawai di kantor badan pengelola keuangan dan aset daerah kabupaten musi rawas. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan I, 37–40.
Wulandari, T., Murtini, W., & Sawiji, H. (2020). Analisis Kinerja Pegawai di Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 4(3), 84–97.
Published
2022-05-17
How to Cite
PAISAL, Paisal; MUHTAR, Entang Adhy; MILWAN, Milwan. Analisis Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Tunjangan Guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 455-462, may 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/696>. Date accessed: 06 july 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i2.696.