Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Skripsi dan Laporan Magang

  • Gunawan Tambunsaribu Universitas Kristen Indonesia

Abstract

Salah satu permasalahan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah adalah kesalahan penulisan struktur kalimat Penelitian ini dibuat untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan penulisan kalimat dalam skripsi dan laporan magang mahasiswa. Metode penelitiannya bersifat kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini memaparkan 8 (delapan) jenis kesalahan penulisan, yaitu: (1) kesalahan penulisan poin-poin dalam sebuah kalimat, (2) kalimat tidak kohesif dengan judul artikel, (3) kalimat tidak memiliki subjek, (4) kesalahan penempatan tanda baca dalam kalimat, (5) struktur kalimat tidak teratur, (6) teknik penulisan yang salah terhadap kata pinjaman dari bahasa asing dalam sebuah kalimat (7) tidak adanya koherensi antar klausa dalam sebuah kalimat, dan (8) kalimat memiliki kata sambung yang tidak tepat.


 


One of the students' problems in writing scientific papers is the error in writing sentence structure. This study was conducted to find out the types of errors in writing sentences in student thesis and internship reports. The research method is qualitative with a descriptive approach. The results of this study describe 8 (eight) types of writing errors, namely: (1) errors in writing bullet points in a sentence, (2) sentences that are not cohesive with the title of the article, (3) sentences that do not have a subject, (4) misplacement of signs. read in sentences, (5) irregular sentence structure, (6) incorrect writing techniques for loanwords from foreign languages ​​in a sentence (7) lack of coherence between clauses in a sentence, and (8) sentences have unconnected conjunctions. appropriate.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afroch, N. (2021). Analisis Pengaruh Bahasa Pertama terhadap Bahasa Target pada Siswa Multilingual di Kampung Inggris. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(1), 92-95. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14395
Agustina, T., & Oktavia, W. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Bahan Ajar Kelas Menyimak Program Bipa Iain Surakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 60-70. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra/article/view/1866/1713
Anggara, W. M., Wahyono, H., & Nugraheni, M. W. (2021). Aspek Kohesi dan Hubungan Semantis Antar Kalimat pada Paragraf dalam Abstrak Skripsi Mahasiswa PBSI Angkatan 2020 dan Formulasinya sebagai Bahan Ajar di SMA. Repetisi: Riset Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 1-8. Retrieved from http://jom.untidar.ac.id/index.php/repetisi/article/view/1889
Aprianti, R. (2021). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Bagian Pendahuluan Skripsi Mahasiswa Iain Bengkulu. PROGRAM STUDI HUKUM TADRIS BAHASA INDONESIA. BENGKULU: INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/5853/1/SKRIPSI%20RIKA%20APRIANTI.pdf
Ardian, M. I. (2017). Analisis ketidakefektifan kalimat dalam karangan siswa hasil pembelajaran menulis petunjuk di SMP 3 Kedungwuni. LingTera, 4(2), 163-176. Retrieved from https://web.archive.org/web/20180413182033id_/https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/viewFile/13633/pdf
Arizona, N., & Rusminto, N. E. (2016, Juli). Kesalahan penggunaan ejaan pada skripsi mahasiswa fakultas hukum unila dan implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 4(4), 1-10. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/viewFile/11360/8138
Baryadi, I. P. (2020). Teori Linguistik Sesudah Strukturalisme. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Febriningsih, F. (2019). Kesalahan Ejaan dalam Surat Permintaan Keterangan Ahli Bahasa dari Polda Maluku Utara. Gramatika: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 7(1), 64-70. doi:https://doi.org/10.31813/gramatika/7.1.2019.183.64--70
Ghufron, S. (2017). Kesalahan berbahasa siswa sekolah dasar di Kabupaten Lamongan. Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 29-38. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228862814.pdf
Ismail, A. (2021). Kohesi dan Koherensi dalam Artikel Ilmiah Populer di Media Massa. Jurnal Bilingual, 11(1), 74-84. doi:http://dx.doi.org/10.33387/j.bilingual.v11i1.3423
Lestari, R. F. (2019). Kohesi dan Koherensi Paragraf dalam Karangan Narasi Mahasiswa Teknik Angkatan 2017 Universitas PGRI Banyuwangi. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3(1), 73-82. doi:https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.3924
Lidwina, S., & Wibowo, B. K. (2021). Kaidah Bahasa Indonesia dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Mimbar Bumi Bengawan, 14(29), 1-11. Retrieved from http://jurnal.stia-asmisolo.ac.id/index.php/jmbb/article/view/106
Lubis, M. S., Rahimah, A., & Lubis, I. S. (2019). Kesalahan-Kesalahan yang Dilakukan oleh Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Bahasa Indonesia di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). TALENTA Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA). 2, pp. 26-39. Medan: Universitas Sumatera Utara. doi:https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.717
Maulana, A. (2021, Mei 26). Ini Kekeliruan yang Umum Ditemui dari Karya Ilmiah. Retrieved from Universitas Padjadjaran: https://www.unpad.ac.id/2021/05/ini-kekeliruan-yang-umum-ditemui-dari-karya-ilmiah/
Mukhlis, Budiawan, R. Y., Mualafina, R. F., & Ulfiyani, S. (2018). Kesalahan Penerapan Kaidah Dan Penulisan Bahasa Indonesia Dalam Karya Tulis Mahasiswa Pada Mku Bahasa Indonesia Keilmuan Di Universitas Pgri Semarang Tahun 2017/2018. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Semarang: UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Retrieved from http://eprints.upgris.ac.id/493/1/FULL%20LAPORAN%20PENELITIAN.pdf
Nugroho, R. D., Suryawati, C. T., & Zuliastutik, H. (2019). Analisis kesalahan dalam penulisan karya ilmiah mahasiswa Jepang dalam pembelajaran BIPA . Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 193-210. doi:https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15508
Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis keefektifan penggunaan kalimat dalam karya tulis ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 4(1), 102-114. doi:http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911
Nurwicaksono, B. D., & Amelia, D. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada teks ilmiah mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 138-153. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/aksis/article/download/9543/6352
Saadah, F. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa dan Peranannya Dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(1), 1-26. doi:10.21580/wa.v14i1.351
Sagita, K. M. (2019). Pengembangan Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa (secara Teoritis dan Penerapan) Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Jurnal Sains Riset, 9(2), 49-57. Retrieved from http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR/article/view/114
Sari, I. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 81-98. Retrieved from https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/506/478
Shalima, I., & Wijayanti, A. (2020). Kesalahan Berbahasa dalam Skripsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas TIDAR. Indonesian Journal of Education and Learning, 3(2), 374-386. doi:http://dx.doi.org/10.31002/ijel.v3i2.3244
Sidiq, R. Y., Fitrotul, R. M., & Ulfiyani, S. (2019). Kesalahan Penerapan Kaidah Antiplagiasi Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas PGRI Semarang Tahun 2019/2020. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS) 2021 (pp. 620-631). Semarang: Universitas PGRI Semarang. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/view/53079/32944
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumadi. (2017). Kesinambungan topik dalam paragraf wacana ilmiah bahasa Jawa. Jurnal Suar Betang, 13(1), 89-99. Retrieved from https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/kandai/article/view/102/177
Published
2022-05-17
How to Cite
TAMBUNSARIBU, Gunawan. Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Skripsi dan Laporan Magang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 447-454, may 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/711>. Date accessed: 03 dec. 2022.