Studi Fenomenologi Second Language Acquisition Santri Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Oku Timur

  • Zulaikah Zulaikah STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur
  • Hastuti Retno Kuspiyah STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur
  • Eka Agustina STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur

Abstract

The development of persons second language was influenced by the way of acquired, either through formal or informal activities. This study discussed the phenomeneon of second language acquisition in the modern Islamic boarding school students of Nurussalam Sidogede, especially in English Acquisition. This study used qualitative approach which described descriptively. Observation and interview were methods used in data collection. The result of this study indicated that second language acquisition at this Islamic boarding school was through increasing vocabularies by providing three words everyday then applied directly into sentences related to the vocabularies that had been given. After that applied in daily communication among Kyai, administrators and students.


Perkembangan bahasa kedua pada seseorang dipengaruhi oleh cara pada tahapan pemerolehannya, baik melalui kegiatan formal maupun informal. Penelitian ini membahas fenomena pemerolehan bahasa kedua pada santri pondok pesantren modern Nurussalam Sidogede khususnya pada pemerolehan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Observasi dan wawancara adalah metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa second language acquisition di pondok pesantren ini melalui peningkatan vocabulary dengan memberikan tiga kata setiap harinya yang kemudian diaplikasikan langsung ke dalam contoh kalimat yang berhubungan dengan kosa kata yang telah diberikan, kemudian diterapkan dalam daily communication baik antar pengasuh, pengurus, dan sesama santri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artini, L. P. (2013). Penggunaan English As Medium of Instructions (Emi) Dan Konsekuensinya Terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Persepsi Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 166–178. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1312
Choirul Fuad Yusuf, Pedoman Pesantren Muadalah (Jakarta: Direktur Jendral Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, 2009), 8.
Genot, E. J. (2018). Strategies of inquiry: The Sherlock Holmes sense of deduction revisited. In Synthese (Vol. 195, Issue 5). https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x
Jubaidah, S. (2015). Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Arab Di Pondok Modern Gontor Di Darul MaRifat Gurah Kediri Jatim. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(II), 178. https://doi.org/10.21009/parameter.272.09
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Zamroni. (2011). Reformulasi Sistem Pendidikan Pesantren dalam Mengantisipasi Perkembangan Global. Dinamika Ilmu, 11(2), 1–20. https://iain-samarinda.ac.id/ojs/index.php/dinamika_ilmu/article/view/53
Published
2022-08-25
How to Cite
ZULAIKAH, Zulaikah; KUSPIYAH, Hastuti Retno; AGUSTINA, Eka. Studi Fenomenologi Second Language Acquisition Santri Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Oku Timur. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 1101-1108, aug. 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/722>. Date accessed: 28 sep. 2022. doi: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.722.