Strategi Peningkatan Layanan Bimbingan Manasik Pada Bidang Haji dan Bimas Islam Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara

  • Muhammad Ramli Program Pascasarjana Universitas Terbuka
  • Aos Kuswandi
  • Hurip Pratomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan bimbingan manasik haji dan memberikan saran strategi peningkatan kualitas di kabupaten, kota dan KUA kecamatan se Provinsi Kalimantan Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dilengkapi dengan dokumentasi dan obeservasi yang kemudian dianalisis menggunakan teori kualitas layanan, selain itu dilakukan analisis SWOT untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas. Hasil penelitian ini adalah (1) Kegiatan bimbingan manasik haji yang diselenggarakan di lima kabupaten dan kota se Provinsi Kalimantan Utara masih terdapat beberapa kelemahan sehingga dikategorikan cukup baik. (2) Setelah dilakukan analisis SWOT, maka untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan manasik haji di lima kabupaten dan kota se Provinsi Kalimantan Utara perlu menerapkan dua belas (strategi) yang terdiri dari; a) digitalisasi dan integrasi data haji sistem online; b) sertifikasi pembimbing manasik haji; c) layanan proaktif anywhere-anytime; d) bimbingan mandiri/sekolah haji; e) regulasi wajib lulus bimbingan manasik; f) pemetaan kompetensi, keinginan dan kebutuhan peserta bimbingan; g) pengadaan PNS Pembimbing manasik; h) panduan bimbingan dalam situasi Pandemi Covid-19; i) penguatan keterampilan penggunaan media digital; j) proteksi terhadap layanan haji ilegal dan sumber belajar yang salah; k) inisiasi jaringan kelompok-kelompok belajar mandiri; l) pengembangan pedoman bimbingan manasik haji berbasis kompetensi jamaah.



This study aims to analyze the quality of Hajj rituals guidance services and provide advice on quality improvement strategies in districts, cities and KUA sub-districts throughout North Kalimantan Province. This research method uses a qualitative approach, data collection uses in-depth interviews and is equipped with documentation and observations which are then analyzed using service quality theory, besides that a SWOT analysis is carried out to formulate quality improvement strategies. The results of this study are (1) Hajj rituals guidance activities held in five districts and cities throughout North Kalimantan Province still have several weaknesses so that they are categorized as quite good. (2) After a SWOT analysis has been carried out, in order to improve the quality of Hajj rituals guidance services in five regencies and cities throughout North Kalimantan Province, it is necessary to implement twelve (strategies) consisting of; a) digitalization and integration of online hajj data systems; b) certification of Hajj rituals supervisor; c) anywhere-anytime proactive service; d) self-guidance/pilgrimage school; e) regulations must pass the guidance of the ritual; f) mapping of competencies, desires and needs of the guidance participants; g) procurement of PNS Advisors of Manasik; h) guidance guidance in the Covid-19 Pandemic situation; i) strengthening skills in using digital media; j) protection against illegal Hajj services and wrong learning resources; k) initiation of a network of independent study groups; l) development of competency-based Hajj guidance guidelines for pilgrims.




Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, & Jamahari. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji oleh KUA di Kecamatan Tungkal Ilir. AAINUL HAQ: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 1(1), 19–40.
Agus, M. (2015). Materi Pokok Manajemen Strategik (Edisi Kedu). Universitas Terbuka Press.
Amalia, A., Tua, H., & Rusli, Z. (2017). Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, dan Kepuasan Pasien. Ilmu Administrasi Negara, 14(356–363).
Asiyah, A., Sanusi, I., & Aziz, A. (2019). Fungsi Perencanaan dalam Penyelenggaraan Pembinaan Manasik Ibadah Haji. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 4(4), 343–362. https://doi.org/10.15575/tadbir.v4i4.1708
Chonyta, D., Mufidah, I., & Shaleha, M. (2021). Pengelolaan Dana Bimbingan Jamaah Haji dalam Upaya Peningkatan Kepuasan (Studi Kasus di KBIHU Nurul Haramain Kraksaan). Haramain: Jurnal Manajemen Bisnis, 1(3), 154–166.
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. (2020). Tuntunan Manasik Haji dan Umrah Kementerian Agama RI. Kementerian Agama Republik Indonesia. http://haji.kemenag.go.id
Djafrie, N. (2019). Strategi Pemimpin dalam Mengimplementasikan Quality Manajemen di Perguruan Tinggi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 371–380. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.225
Isabella, I., & Komar, F. (2020). Kebijakan Penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji di Indonesia. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 5(2), 74–79. https://doi.org/10.36982/jpg.v5i2.1035
Kemenag. (2021). Arsip Data Kementerian Agama provinsi Kalimantan Utara.
Khafid, A., Listyorini, T., & Maharani, R. M. (2015). Aplikasi Simulasi Manasik Haji Berbasis Multimedia. Prosiding SNATIF Ke-2 Tahun 2015, 2, 37–42.
Mashum, S., & Manshur, M. (2015). Efektifitas Bimbingan Manasik Haji Bagi Jamaah Calon Haji Karawang. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(4), 30–39. http://journal.unsika.ac.id/index.php/solusi/article/view/66
Mufnaetty, & Hasany, T. (2010). Tingkat Pengetahuan Calon Haji Sebelum dan Sesudah Mengikuti Pelatihan Manasik Haji. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS 2010, 233–237.
Mutiara, P. S. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Ke). Universitas Terbuka.
Noor, M. (2018). Haji dan Umrah. Jurnal Humaniora Teknologi, 4(1), 38–42. https://doi.org/10.34128/jht.v4i1.42
Salamiyah, & Hidayatullah, M. (2021). Aplikasi Manasik Haji Berbasis Virtual Reality pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Islam. Borneo Undergraduate Academic Forum5th, 261–270.
Shopi, G. (2020). Pengaruh Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Terhadap Kompetensi Pedagogik Serta Dampaknya Terhadap Kompetensi Profesional Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Bungusari Kota Tasikmalaya. Syntax Imperatif, 1(3), 121–127.
Tjiptono, F. (2012). Service, Quality & Satisfaction. CV Andi Offset.
Wati, A. S., & Zakia, R. (2018). Manajemen Bimbingan Manasik Haji Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (Kbih) Al-Hikmah Muaro Sijunjung. Al Imam: Jurnal Dakwah Dan Manajemen, 1(1), 63–71. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alimam/article/view/65
Published
2022-05-11
How to Cite
RAMLI, Muhammad; KUSWANDI, Aos; PRATOMO, Hurip. Strategi Peningkatan Layanan Bimbingan Manasik Pada Bidang Haji dan Bimas Islam Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 399-408, may 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/756>. Date accessed: 03 oct. 2022.