Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

  • Wilda Nurfi Dera Sagita Universitas Negeri Surabaya
  • Veni Rafida Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Technological developments are growing rapidly in almost all aspects so that teachers must be able to harmonize teaching methods so they are not left far behind with the times, namely by utilizing technology-based learning media. This research aims to knowing the feasibility of a product based on the expertise's material and students' learning outcomes after using interactive multimedia marketing products. This research method is Research and Development by applying the 4D development method. Due to the limitation of affordability and time, this research is only at the development stage. The results of validation resulted in a very feasible conclusion consisting of material experts 86%, eligible from linguistics 71%, very eligible 86% from media experts, it is very eligible feasible from 94% of students' responses and can encourage better learning outcomes with quite effective criteria by getting an average Gain Score 58,83567 and classical completeness reaching 100%. So Android-based interactive multimedia is very feasible and can be applied at SMKN 1 Surabaya to improve learning outcomes.


 


Perkembangan teknologi semakin cepat berkembang hampir ke semua aspek sehingga guru harus mampu menyelaraskan cara mengajar agar tidak tertinggal jauh dengan perkembangan zaman yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan penelitian dari pengembangan ini yaitu menentukan kelayakan produk berdasarkan ahli materi, bahasa dan media serta respon siswa beserta hasil belajar siswa sesudah menggunakan multimedia interaktif. Metode penelitian ini ialah Research And Development dengan menerapkan metode pengembangan 4D karena keterbatasan waktu maka riset ini hanya sampai tahap pengembangan. Hasil validasi menghasilkan kesimpulan yang sangat layak yang terdiri dari ahli materi 86%, Layak dari ahli bahasa 71%, Sangat Layak 86% dari ahli media, sangat layak dari respon siswa 94% dan dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dengan kriteria cukup efektif dengan mendapatkan rerata Gain Score 58.83567 dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Jadi multimedia interaktif berbasis android sangat layak dan dapat diterapkan di SMKN 1 Surabaya guna meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darnawati, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8–16.
Habibah, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran “Marketing E-Modul’Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pasar Kelas X Pemasaran Di Smk N 1 …. Jurnal Pendidikan Tata Niaga …, 07(02). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/29353
Habiburrahman, & Sulistyowati, R. (2020). Pengembangan e-modul berbasis web sebagai media pembelajaran pada materi mengidentifikasi pelanggan mata pelajaran komunikasi bisnis kelas X BDP di smk negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 875–881. https://www.jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/
Hafis, M., & Meliasari, R. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi pada Smartphone sebagai Media Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 740–747. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i8.339
Juniantari, M., & Santyadiputra, G. S. (2021). The Validity of Learning Media in the Course of Assessment and Learning Evaluation Based on Articulate Storyline 3. Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), 536(Icsteir 2020), 351–356. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.058
Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197–208. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603
Munir. (2020). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy (Vol. 58, Issue 12).
Pratama, R. A. (2018). Al Barik ( Turorial Gambar Grafik ): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2. AdMathEdu, 8(2), 185–198. http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/12349
Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35. https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631
RI, P. (2003). Undang-undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [JDIH BPK RI]. JDIH Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, 37. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Rianto, R. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. Indonesian Language Education and Literature, 6(1), 84. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i1.7225
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sefriani, R., & Sepriana, R. (2020). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Schoology pada Pembelajaran Kurikulum Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 2(1), 151–156.
Sianipar, V., Ambarita, B., & Adisaputera, A. (2020). The Development of Teaching Materials Explanatory Text Based on Interactive Multimedia of Students Class XI SMA Negeri 1 Sunggal. 384(Aisteel), 6–8. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.2
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Supriyaddin, S., Imansyah, M. N. I., & Meilani, L. M. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Macromedia Flash. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 1–7. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.7
Syah Husrizal, D., Nugrahadi Wahyu, E., Hidayat, T., & Kholis, A. (2020). The Development of Taxation Learning Media Based on Articulate Storyline. 163. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/aebmr.k.210220.047
Syarifudin, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. 2507(February), 1–9. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/238/154
Thiagarajan, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. https://www.google.co.id/books/edition/Desain_dan_Pemrograman_Multimedia_Pembel/9pULDgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengembangan+media+pembelajaran+interaktif+articulate+storyline&printsec=frontcover
Wiro, M., & Sulistyowati, R. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. 3(5), 2092–2104.
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118–127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
Published
2022-05-31
How to Cite
SAGITA, Wilda Nurfi Dera; RAFIDA, Veni. Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 663-676, may 2022. ISSN 2656-940X. Available at: <https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/778>. Date accessed: 03 dec. 2022.