Permainan Bahasa Komika Arafah dalam Video Stand Up Comedy Academy 2
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk, gaya, dan fungsi permainan bahasa komika Arafah dalam video Stand Up Comedy Academy 2. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ditemukan 343 kutipan permainan bahasa Arafah dalam 12 video Stand Up Comedy Academy 2 yang di dalamnya terdapat bentuk abreviasi, reduplikasi, antonimi, gaya tak resmi, percakapan, antitesis, repetisi, fungsi hiburan, mengkritik atau mengejek, dan menyampaikan sesuatu secara menarik. Simpulan penelitian yang lebih mendominasi dan sekaligus mewarnai permainan Bahasa Arafah yaitu bentuk reduplikasi, gaya tak resmi, dan fungsi hiburan. Dengan demikian, banyak yang mengerti dan tertarik dengan topik yang dibawakan.
This study aims to describe the form, style and functions of the language games of a comedian Arafah in the videos of Stand Up Comedy Academy 2. The method used is qualitative descriptive method. From the result of the study found 343 quotes from the Arafah language game in 12 Stand Up Comedy Academy 2 videos in which there are from of abbreviation, reduplication, antonymy, informal style, conversational, antithesis, repetition, entertainment function, criticizing or mocking, and conveying something interestingly. The research conclusions that dominate and color the Arafah language game are reduplication from, informal style, and entertainment functions. Thus, many understand and are interested in the topik being presented.
Downloads
References
Alfianti, Dinda Tiara. (2016) Retorika Dakwah Dzawin Nur Ikram dalam Stand Up Comedy. Jakarta. (Skripsi).
Darmansyah. (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengn Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatonah, N., Sumarti., & Bambang R. (2017). Permainan Bahasa Wacana Humor Akun Meme Comic Indonesia Di Instagram Serta Implikasinya. Jurnal Kata, 5(3), 1-12. Diterima dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/viewFile/14038/10139
Hartini, Lilis. (2019). Tata Permainan Bahasa Witgenstein dalam Teks Konstitusi. Jurnal Wawasan Yuridika, 3(1), 41-54. Diterima dari http://ejournal.sthb.ac.id/index.php/jwy
Heigham, J., & R. A. Croker. 2020. Penelitian Kualitatif Dalam Linguistik Terapan. Yogyakarta: Terakarta.
Kaelan. (2004). Filsafat Analitis menurut Ludwig Wittgenstein. Yogyakarta: Paradigma.
Keraf, Gorys. (1988). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Muhammad, Oki. (2017). Gaya Komunikasi Comic Komunitas Stand Up Indo PKU Pekanbaru. Jurnal FISIP, 4(1), 1-15. Diterima dari file:///C:/Users/ADMIN/Downloads/13035-25423-1-SM.pdf
Mulyani, Siti. (2003). Humor Dalam Majalah Djoko Lodang. Jurnal Litera, 4(1), 77-87. Yogyakarta: DIK Universitas Negeri Yogyakarta. Diterima dari https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/4885/4225
Pratama, R. K. & Utomo A.P.Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Ekspresif dalam Wacana Stand Up Comedy Indonesia Sesi 3 Babe Cabita di Kompas TV. Jurnal Caraka, 6(2), 91-103. DOI: https://doi.org/10.30738/.v6i2.7841
Putri, M. O. (2014). Permainan bahasa Jawa Sebagai Wahana Kritik Sosial. Jurnal Sutasoma, 3(1), hlm. 6-16. Diterima dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sutasoma/article/view/4018
Rullyanti, Merry & Nurdianto. (2019). Language Style Of Humor On Stand-Up Comedy Video. Jurnal Of Applied Linguistics and Literature, 4(1), 60-68. DOI: 10.33369/joall.v4i1.6886 Diterima dari https://www.researchgate.net/publication/332837726_LANGUAGE_STYLE_OF_HUMOR_ON_STAND-UP_COMEY_VIDEO
Suyanto, Edi. 2015. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar: Kajian Historis-Teoritis dan Praktik Tulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wibowo,Wahyu. (2010). Tata Permainan Bahasa Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yulianto, Diyan. (2010). Belajar Inggris dengan Humor-Humor Gokil. Jogjakarta: DIVA Press.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.